7 Cara Pencegahan Covid-19 di Tempat Kerja

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kerja di kantor saat pandemi. Unsplash.com/Airfocus

Ilustrasi kerja di kantor saat pandemi. Unsplash.com/Airfocus

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB transisi DKI Jakarta mulai hari ini, Jumat, 5 Juni 2020 hingga akhir Juni 2020, sejumlah perkantoran beraktivitas secara bertahap. Selain itu, juga diterapkan sejumlah protokol kesehatan saat pekerja berada di kantor saat pandemi virus corona baru atau Covid-19. Lantas apa saja cara pencegahan Covid-19 di tempat kerja?

Berikut tujuh di antaranya cara pencegahan Covid-19 di kantor

1. Selalu menggunakan masker saat bekerja di kantor

Salah satu cara cegah virus corona di tempat kerja yang paling penting adalah dengan selalu menggunakan masker saat bekerja di kantor. Mulai dari berangkat kerja sampai tiba lagi di rumah.

Penggunaan masker dapat melindungi diri Anda dari paparan zat berbahaya, termasuk virus dan bakteri, yang terdapat di udara. Anda dapat membawa masker cadangan selama berada di kantor. Jangan lupa untuk mengganti penggunaan masker setiap beberapa jam sekali. 

2. Sering mencuci tangan

Cara cegah virus corona di tempat kerja yang tak kalah penting adalah sering mencuci tangan. Terutama setelah dari toilet, setelah batuk dan bersin, serta sebelum dan sesudah makan. Anda bisa mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun. Akan tetapi, jika Anda sulit menemukan akses air mengalir, Anda bisa mencuci tangan dengan cairan pembersih yang mengandung minimal alkohol 60%. 

Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun ataupun cairan pembersih yang mengandung alkohol dapat membantu menyingkirkan dan membunuh virus yang mungkin terdapat pada permukaan tangan Anda. Pastikan Anda mencuci tangan dengan cara yang tepat selama minimal 20 detik. 

3. Menerapkan jaga jarak minimal 1 meter

Untuk cegah virus corona di tempat kerja, sebisa mungkin Anda menerapkan jaga jarak tempat kerja Anda dengan rekan kerja lainnya minimal 1 meter. Pasalnya, saat ini orang yang telah terinfeksi virus corona bisa saja tampak sehat atau biasa disebut dengan orang tanpa gejala (OTG) sehingga alangkah baiknya untuk menghindari kontak langsung dengan orang lain, termasuk saat berada di lingkungan tempat kerja. 

Penerapan jaga jarak ini juga berlaku saat pengecekan suhu tubuh dan di dalam lift kantor. Selain itu, Anda juga perlu menghindari pertemuan sosial di area kantor yang melibatkan banyak orang untuk sementara waktu.

4. Memastikan area meja kerja dalam kondisi bersih

Cara cegah virus corona di tempat kerja berikutnya adalah dengan memastikan area meja kerja Anda dalam kondisi bersih.  Anda dapat membersihkan permukaan barang-barang yang berada di atas meja kerja, seperti telepon, keyboard komputer, dan lainnya menggunakan cairan desinfektan secara berkala.

Sebab, virus corona dapat menular melalui cipratan air liur saat batuk atau bersin yang menempel di permukaan benda, kemudian disentuh oleh orang lain. Jika tidak dilakukan pembersihan menggunakan desinfektan secara berkala, maka dapat meningkatkan risiko penularan Covid-19. 

5. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut sampai tangan sudah bersih

Cara cegah virus corona di tempat kerja lainnya adalah menghindari sentuh mata, hidung, dan mulut, sampai tangan Anda sudah dalam kondisi bersih. Ini karena selama berada di tempat kerja Anda mungkin menyentuh benda apa pun yang berada di sekitar Anda. 

Namun, tanpa disadari, benda-benda tersebut dapat berisiko meningkatkan penularan virus di tangan Anda. Nah, saat tangan menyentuh mata, hidung, dan mulut maka virus tersebut dapat masuk ke dalam tubuh sehingga membuat Anda jatuh sakit. 

6. Menjaga etika kebersihan saat batuk dan bersin

Saat bersin dan batuk pastikan Anda menutup hidung dan mulut dengan tisu atau siku bagian dalam. Cara cegah virus corona di tempat kerja ini dapat melindungi orang lain di sekitar Anda dari berbagai macam virus, seperti flu, pilek, hingga virus corona, yang mungkin keluar melalui percikan cairan dari mulut dan hidung orang yang terinfeksi atau droplet. 

7. Jangan pergi ke kantor bila sedang sakit

Sebaiknya jangan pergi bekerja ke kantor bila Anda sedang sakit. Hal ini bertujuan untuk menghindari penularan penyakit Anda ke orang lain. Jika Anda mengalami demam, batuk, sulit bernapas, atau gejala yang menunjukkan indikasi Covid-19, segera periksakan diri ke dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat. 

Selain cara cegah virus corona di tempat kerja yang telah disebutkan di atas, penting pula untuk menjalankan protokol kesehatan lainnya, seperti memenuhi asupan makanan yang bergizi, mengonsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh, istirahat yang cukup, serta segera membersihkan diri sesaat tiba di rumah kembali usai bekerja.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."