Iriana Jokowi Tetap Pakai Masker saat Salat Idul Fitri 1441 H

(Paling kanan) Ibu Negara Iriana Jokowi dan Presiden Jokowi saat bersiap menunaikan salat Idul Fitri 1441 Hijriah di halaman depan Wisma Bayurini, Istana Kepresidenan Bogor. Instagram.com/@sekretariat.kabinet

ragam

Iriana Jokowi Tetap Pakai Masker saat Salat Idul Fitri 1441 H

Minggu, 24 Mei 2020 12:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi menunaikan salat Idul Fitri 1441 Hijriah di halaman depan Wisma Bayurini, Istana Kepresidenan Bogor. Salat dipimpin oleh Ketua DKM Masjid Baitussalam Istana Kepresidenan Bogor, Muhammadun, pada pukul 06.32 WIB.

Mengulik Instagram resmi Presiden Jokowi tampak putra bungsunya, Kaesang Pangarep duduk di sebelah kanan Jokowi dalam barisan saf. Selain keluarga inti Jokowi, jamaah lain yang ikut salat Idul Fitri adalah orang-orang yang menemani mereka dalam keseharian.

"Pagi ini bersama beberapa orang yang sehari-hari bersama kami. Termasuk, imam dan khatib, serta bilal yang datang dari lingkungan pengamanan dan pegawai istana," bunyi penjelasan di akun Instagram Jokowi pada Ahad, 24 Mei 2020. 

Sesuai dengan imbauan Majelis Ulama Indonesia atau MUI, salat Idul Fitri 2020 dilakukan di rumah untuk cegah virus corona baru atau Covid-19. 

"Salat Idul Fitri yang dilaksanakan di rumah dapat dilakukan secara berjamaah dan dapat dilakukan secara sendiri," demikian bunyi fatwa yang dikeluarkan Komisi Fatwa MUI pada Rabu, 13 Mei 2020.

Presiden Jokowi menerapkan fatwa itu dengan salat berjamaah bersama keluarga dan orang-orang yang sehari-hari bersamanya di kediamannya saat ini, Istana Bogor.

Kala menilik unggahan akun Instagram Sekretariat Kabinet tampak foto Iriana berjalan di belakang Jokowi. Iriana terlihat memakai mukena warna putih dan masker warna hijau.

Sementara itu, Presiden Jokowi tampak mengenakan kemeja putih dan kain sarung biru dengan aksen color blocking hitam, coklat, dan biru muda. Ia melengkapi penampilannya dengan kopiah warna hitam dan selop hitam.

Sama seperti sang istri, Jokowi juga memakai masker. Tapi ada bedanya, Jokowi mengenakan masker kain warna hitam.

Dari lima slide foto yang diunggah terlihat seluruh jamaah salat Idul Fitri di Istana Bogor memakai masker, termasuk khatib. Selain masker, diterapkan pula jarak satu sama lain yang minimal satu meter sesuai protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Di slide foto terakhir, Jokowi terlihat menerapkan salam Namaste dan menjaga jarak saat bermaaf-maafan dengan jamaah lain.

Sebagai informasi, namaste berasal dari bahasa Sanskrit India yang berarti membungkuk padamu. Menjadi simbol pernyataan penghormatan kepada orang lain. Secara sederhana bisa diartikan 'halo' yang biasa digunakan sehari-hari. Gestur salam namaste berupa menyatukan kedua telapak tangan dan mengarahkannya ke dada.

SILVY RIANA PUTRI | EKA WAHYU PRAMITA