Intip Barang Bawaan Mona Ratuliu saat Lahiran, Ada Piyama Daster

Mona Ratuliu menunjukkan persiapan barang bawaannya ke rumah sakit saat melahirkan anak keempat di tengah pandemi Covid-19. Anak keempat pasangan Mona Ratuliu dan Indra Brasco lahir pada Rabu, 20 Mei 2020 pukul 20.20. Foto: Tangkapan Layar video berjudul "Intip Yuk, Apa Aja yang Perlu Disiapin untuk Melahirkan di Masa Pandemi" di YouTube MIC- Mona Indra Channel

ragam

Intip Barang Bawaan Mona Ratuliu saat Lahiran, Ada Piyama Daster

Sabtu, 23 Mei 2020 10:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Mona Ratuliu dan Indra Brasco tengah berbahagia. Pasangan yang menikah pada 12 September 2002 ini telah dikaruniai anak keempat berjenis kelamin perempuan. Mona Ratuliu melahirkan bayi perempuan melalui operasi caesar pada Rabu, 20 Mei 2020 pukul 20.20. Persalinan caesar dipilih karena kondisi bayi yang sungsang.

Hingga pagi inii, Mona dan Indra belum mengumumkan nama bayi yang lahir dengan berat 3,4 kg dan panjang 50 cm itu. Mengulik unggahan media sosial mereka, unggahan terbarunya menyoal tips barang-barang yang dibawa ke rumah sakit untuk ibu dan bayi.

Dalam video berdurasi 14 menit 8 detik itu, Mona Ratuliu mengakui masih kebingungan saat menyiapkan barang bawaan untuk ibu dan bayi sama seperti warganet yang bertanya kepadanya. Mengingat Mona melahirkan di masa pandemi Covid-19, ia juga sempat bertanya kepada sejumlah ibu yang melahirkan. 

Mona Ratuliu bersama anak keempatnya yang lahir pada Rabu, 20 Mei 2020. Instagram.com/@indrabrasco

"Trus sempet tanya di Instagram juga sama ibu-ibu yang kali baru aja ngalamin, jadi kan masih fresh tuh. Cuma setiap anak pasti bingung lagi, aduh bawa apa ya ke rumah sakit," ucapnya dalam unggahan video YouTube pada Jumat, 22 Mei 2020.

Untuk barang bawaannya, Mona tampak menaruh di dalam koper berwarna biru. Ia membawa empat piyama dengan memperkirakan lama di rumah sakit selama 3-4 hari. Menurutnya, penting memilih piyama berkancing depan untuk memudahkan saat menyusui. 

Selain berkancing depan, Mona memilih piyama daster untuk kenyamanannya usai melahirkan. "Piyama daster gitu. Jadi, gak pake bawahan celana. Karena biasanya ya gitu deh, ibu-ibu abis melahirkan masih kesulitan memakai bawahan. Jadi, maunya terusan gitu lebih nyaman," jelasnya.

Kemudian ia mengingatkan jangan lupa membawa pakaian dalam, peralatan mandi, gurita ibu, pompa Air Susu Ibu atau ASI hingga pembalut untuk nifas.

Selain itu, Mona membawa peralatan makeup dan styling rambut seperti hair dryer dan catokan karena berniat mendokumentasikan setiap momen bersalin. "Bawa catokan supaya nanti pas didokumentasiin biar cakep," tukas perempuan berusia 38 tahun itu.

Mona Ratuliu menunjukkan persiapan baju-baju bayi yang dibawa ke rumah sakit untuk anak keempatnya. Mona melahirkan bayi perempuan pada Rabu, 20 Mei 2020 pukul 20.20. Foto: Tangkapan Layar video berjudul "Intip Yuk, Apa Aja yang Perlu Disiapin untuk Melahirkan di Masa Pandemi" di YouTube MIC- Mona Indra Channel

Usai menunjukkan barang bawaannya, Mona beralih ke barang bawaan bayi yang disimpan di dalam tas jenis duffle bag warna abu-abu. Ia menyiapkan baju-baju bayi warna putih dan pink tanpa motif dan kancing depan.

Menurut pengalamannya, bayi baru lahir agak sulit jika memakai baju dari kepala. "Jadi, lebih gampang bajunya dibuka dulu, bayinya ditaruh di atasnya, trus dikancingin, itu lebih gampang," ujarnya.

Selain baju bayi, ia membawa popok bayi, gendongan bayi, bedong bayi yang sepaket dengan bandananya, sarung tangan dan kaki, perlak, bantal menyusui serta selimut bayi. Mona juga membawa boneka kelinci untuk keperluan dokumentasi si kecil.

"Sebenarnya walaupun baby-nya belum terlalu ngerti boneka, ya. Cuma kalau difoto juga ini bagus banget ditaruh di samping bayinya. Buat kebutuhan foto," imbuh Mona.

Berbicara kebutuhan foto bayi baru lahir, Mona juga berbagi tips untuk membawa karpet ukuran kecil berbulu untuk latar belakang dan pigura kayu untuk menuliskan detail nama, berat badan, hingga tinggi badan si bayi.

Terakhir, Mona mengingatkan para ibu yang akan melahirkan juga menyiapkan barang bawaan suami selama di rumah sakit. "Jangan lupa packing buat suami juga. Kan suami nganterin dan ikutan nginep, nanti suaminya gak packing lagi," pungkasnya.