Happy Salma Jadi Inggit Garnasih, Wanita di Balik Sukses Soekarno

The Apurva Kempinski Bali Menyambut Happy Salma Sebagai Art Advisor

karir

Happy Salma Jadi Inggit Garnasih, Wanita di Balik Sukses Soekarno

Kamis, 14 Mei 2020 15:37 WIB
Reporter : Nur Alfiyah Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, JakartaHappy Salma akan berperan sebagai Inggit Garnasih, seorang perempuan yang pernah hadir dalam kehidupan Presiden Soekarno, dalam sebuah pementasan monolog.

Sayang, wabah corona yang terjadi saat ini membuat pertunjukan yang sejatinya berlangsung pada 18 April 2020, itu diundur sampai Agustus 2020. "Itu pun kami mesti melihat dulu kondisi saat itu, apakah memungkinkan atau tidak," kata Happy, Rabu, 29 April 2020.

Teater musikal monolog Inggit Garnasih itu berkisah tentang istri kedua Soekarno, Inggit Garnasih. Teater ini pertama kali dipentaskan pada 2011. Happy memerankan Inggit. Dia juga menjadi produser pementasan tersebut. 

Happy dan timnya berencana menampilkan kembali monolog itu karena banyak yang memintanya. "Sosok Inggit relevan dengan banyak orang," ujarnya. Bagi Happy, Inggit adalah sosok senyap di belakang kesuksesan Soekarno.

Happy Salma memerankan sosok Inggit Garnasih saat pementasan monolog berjudul "Inggit" di Bale Rumawat Padjadjaran, Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat. Rabu (10/4). Pementasan monolog ini merupakan pementasan ulang untuk memperingati bulan Kartini juga memperkenalkan kembali tokoh sejarah dan pahlawan yang terlupakan lewat seni panggung. TEMPO/Aditya Herlambang Putra

Inggit Garnasih adalah manusia biasa yang menjalin hubungan dengan Soekarno ketika masih menjadi istri orang. Mereka akhirnya menikah saat usia Inggit sudah 35 tahun dan Soekarno baru 22 tahun.

Setelah 20 tahun menikah, Soekarno-Inggit bercerai. "Teater ini berkisah tentang bagaimana tubuh perempuan dinilai, juga ruang domestik dalam merawat kesuksesan pasangan," ucap Happy.

Happy Salma sudah bersiap dengan perannya itu. Namun, setelah mengumumkan penundaan pada pertengahan Maret 2020, dia menghentikan semua proses persiapan. Happy sampai sekarang tak menyentuh naskah pertunjukannya.

Nanti, kalau kondisi sudah aman, dia dan tim tinggal merampungkan persiapan. “Seperti tinggal memanaskan mesin," tutur Happy Salma.