Resep Sambal Asam Khas Indramayu ala Iis Dahlia

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Yuni Shara dan Iis Dahlia masak bareng Kangkung dan sambal Indramayu. Youtube

Yuni Shara dan Iis Dahlia masak bareng Kangkung dan sambal Indramayu. Youtube

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selama di rumah saja, penyanyi Yuni Shara kerap berbagi kegiatannya lewat unggahan video di saluran YouTube-nya, Yuni Shara Channel. Memasak salah satu kegiatan favorit ibu dua putra itu. Dalam vlog terbarunya, Yuni Shara tampak bertandang ke rumah Iis Dahlia usai berbuka puasa. Ia berniat mempelajari sambal asam buatan kampung halaman sahabatnya, Indramayu, Jawa Barat.

Sebelum mulai memasak, keduanya sempat berbincang-bincang seputar kegiatan di bulan Ramadan dan masa pandemi. Resep yang dibagikan adalah sambal asam yang dimakan bersama kangkung. Namun selain kangkung bisa juga diganti sayur yang lain misalnya sawi putih atau pakcoy.

"Sekilas melihat sambalnya biasa ya, tapi rasanya kaya bintang lima," kata Yuni Shara. Tidak hanya sayur, tapi bisa juga diganti buah seperti rujak khas Bali seperti jambu air. 

Menurut Iis, asam yang dipakai harus yang segar, jangan yang direbus. Dengan bangga, Iis menyebut kunci kelezatan resep sambalnya ada pada ulekannya. "Karena kalo dia (asisten rumah tangga) yang ulek, beda rasanya," tutur istri Satrio Dewandono ini.

Iis juga menyarankan untuk merebus kangkungnya tidak terlalu lama agar tetap renyah. "Kalau ngerebus daun-daun, jangan kelamaan," serunya.

Usai membuat sambal, keduanya pun menyantap hidangan tersebut. Yuni Shara pun tampak berupaya mengatasi rasa pedas dari sambalnya, sementara Iis tampak menikmati sambal andalannya.

Penasaran dengan rasanya, Anda bisa coba sebagai menu buka puasa hari ini, berikut resepnya.

Bahan sayur:

  • 2 ikat kangkung

Bahan sambal:

  • Cabai rawit (tangkai tidak dilepas), sesuai tingkat kepedasan masing-masing
  • 5 buah asam jawa (muda), dipotong-potong dengan tangan
  • 3 buah gula merah
  • Terasi udang rebon secukupnya
  • Garam dan penyedap secukupnya
  • Air panas secukupnya

Cara membuat:

1. Kangkung diblansir atau rebus dulu. 

2. Sambal diulek hingga halus

3. Campur kangkung dan sambal, lalu hidangkan.

EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."