Pemicu Suami Selingkuh Seperti di The World of The Married

Drama Korea The World of The Married. Instagram.com/@jtbcdrama

ragam

Pemicu Suami Selingkuh Seperti di The World of The Married

Sabtu, 9 Mei 2020 18:30 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Siapa yang sedang deg-degan dan geram-geramnya menonton The World of The Married? Ya, drama Korea ini bermula dari kisah perselingkuhan yang meruntuhkan rumah tangga Ji Sun Woo (Kim Hee Ae) dan Lee Tae Oh (Park Hae Joon). Lee Tae Oh berselingkuh dengan Yeo Da Kyung (Han So Hee).

Meski Lee Tae Oh dan Yeo Da Kyung sudah menikah, kehidupan mereka masih membayangi Ji Sun Woo. 

Di Indonesia sendiri, genre drama keluarga yang diselipi kisah orang ketiga memang menarik perhatian. Psikolog Analisa Widyaningrum mengatakan kisah dalam drama Korea The World of the Married lekat dengan hiruk pikuk dunia pernikahan termasuk alasan mengapa ada pengkhianatan dalam sebuah keluarga.

Menurut Analisa jika cerita dalam drama tersebut sangat berhubungan dengan kasus yang kerap ia temui di ruangan konseling selama ini. 

Drama korea The World of the Married. Instagram.com/@jtbcdrama

"Pernah nih saya ketemu dengan seorang pria berselingkuh atas alasan istrinya cantik, tapi tidak asyik diajak ngobrol seperti wanita pujaannya. Katanya, energinya beda istri saya di rumah marah-marah terus. Tapi singkat cerita, suami cerita karena istrinya kurang aktivitas di rumah. Kelihatan jenuh dan tidak menikmati hidup. Ungkapan sama juga datang dari istri yang berselingkuh, punya suami ganteng mapan kaya, tapi di rumah seperti stres dan tidak asyik diajak diskusi," tulis Analisa dalam unggahannya di Instagram pada 7 Mei 2020. 

Pendiri Analisa Personality Development Center ini kemudian menghubungkan dengan sisi psikologis yang muncul mengapa orang berselingkuh.

"Ada banyak faktor nih. Semua alasan itu menurut saya sangat relate dengan tingkat kepuasan hidup masing-masing diri baik suami maupun istri," jelasnya. 

Analisa Widyaningrum juga mengungkapkan alasan pria dan wanita berselingkuh saat dihubungi Tempo.co, Kamis, 7 Mei 2020. Alasan pria berselingkuh karena belum siap dengan komitmen dan konsekuensinya, merasa insecurity (termasuk masalah usia, pendapatan, dan keluarga besar), luka masa lalu yang belum selesai, dan hanya memikirkan kesenangan diri sendiri.

Selain itu, ada pula faktor pria tidak ingin terkekang dan ekspektasi yang tidak realistis. Misalnya menginginkan pasangan yang sempurna termasuk saat hubungan intim.

Sementara alasan wanita berselingkuh antara lain karena merasa kurang dihargai dan diabaikan, merasa lebih seperti pembantu, pengasuh, daripada sebagai pasangan.

Alasan lainya karena haus akan kehangatan dan intimacy, merasa kesepian, trauma dalam hubungan, tidak puas dalam bercinta, berharap terlalu banyak dalam hubungan.