6 Cara Merawat Rambut Keriting, Keramas dengan Air Dingin

Ilustrasi perempuan rambut keriting. Pixabay.com/Jonas Svidras

kecantikan

6 Cara Merawat Rambut Keriting, Keramas dengan Air Dingin

Sabtu, 2 Mei 2020 15:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap jenis rambut punya cara perawatan masing-masing. Contohnya bagi pemilik rambut keriting alami disarankan tidak mencuci rambut atau keramas setiap hari seperti pemilik rambut lurus. Mengapa? Sebab hal itu membuat rambut semakin rapuh dan kering. Tak hanya soal durasi keramas, ada kiat lain yang patut disimak agar rambut keriting Anda terlihat indah, bervolume, dan tak mudah lepek.

Berikut enam tips merawat rambut keriting alami seperti dikutip dari laman Times of India

1. Jangan mengabaikan rutinitas sebelum keramas

Sebelum keramas, Anda harus memastikan rambut dalam kondisi lembut dan tidak kusut. Salah satu caranya dengan mengoleskan minyak pendingin pada rambut sebelum keramas. Biarkan sekitar 20 menit untuk hasil terbaik. Langkah ini juga baik untuk mencegah rambut kusut usai keramas.

2. Pilih sampo yang benar

Penting juga untuk memilih sampo yang tepat untuk rambut keriting Anda. Pilihlah sampo dengan kandungan yang ringan lalu diikuti kondisioner yang bersifat membersihkan kulit kepala. Tujuannya agar Anda tak terlalu banyak kehilangan kelembapan dari rambut Anda.

3. Tak berlebihan saat pakai kondisioner 

Kunci keberhasilan produk perawatan apa pun pastinya pemakaian yang seimbang. Sama halnya saat Anda menggunakan kondisioner. Salah satu risiko memakai kondisioner terlalu banyak adalah rambut kaku dan mudah rapuh. Tapi kurang pemakaian kondisioner membuat rambut lembap dan mudah lepek.

Lalu seberapa banyak pemakaian kondisioner? Tergantung ketebalan rambut keriting alami Anda. Diperkirakan 2-3 tetes kondisioner dengan aplikasi yang merata dari akar hingga ujung rambut.

4. Bagi rambut Anda sebelum keramas

Bisa dibayangkan rambut keriting yang kusut langsung dikeramas, sama saja dengan merusak rambut. Sebaiknya rapikan rambut menjadi beberapa bagian. Setelah itu, mulailah menaruh sampo di kulit kepala, lalu pijat, dan bergerak turun hingga ke ujung rambut.

Lakukan hal yang sama pada bagian rambut lainnya. Langkah itu juga berlaku saat membilas rambut agar tidak ada sampo atau kotoran yang tertinggal.

5. Keramas pakai air dingin

Meski mandi air dingin bukan hal mewah, ternyata hal ini penting untuk rambut keriting alami. Sebab air dingin menutup kutikula rambut atau lapisan pelindung, mengunci kelembapan rambut, mengurangi kerapuhan, dan membuat rambut lebih bersinar.

6. Sisir dengan benar

Anda harus menyisir rambut Anda dengan hati-hati, jangan menarik rambut Anda. Gunakan sisir bergigi lebar. Anda juga dianjurkan tidak mengikat rambut dalam kondisi basah usai keramas.