5 Cara Mengatasi Bibir Kering saat Puasa Ramadan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bibir kering dan pecah-pecah. Shutterstock.com

Ilustrasi bibir kering dan pecah-pecah. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selain masalah bau mulut, bibir kering dan pecah-pecah kerap melanda selama berpuasa. Wajar terjadi, sebab kulit bibir ternyata 15 kali lebih tipis dari kulit lain di tubuh kita. Selain itu, bibir tidak memiliki kelenjar minyak dan keringat untuk menjaga kelembapannya.

Oleh karena itu, kita harus menjaga kelembapannya dengan sejumlah kiat saat buka puasa, sahur, dan rutinitas perawatan bibir seperti dilansir dari Arab News

1. Minum banyak air

Cara terbaik untuk memerangi bibir kering yang pecah-pecah adalah dengan meningkatkan asupan air selama berbuka puasa dan sahur. Secara umum, minum dua liter air per hari akan membuat Anda tetap terhidrasi. 

Selain banyak minum air putih, konsumsi sup sayur dan banyak buah juga berperan penting untuk meningkatkan hidrasi.

2. Berhenti menjilat bibir Anda

Sejumlah orang cenderung menjilat bibir demi meredakan bibir yang kering dan pecah-pecah. Ternyata langkah itu justru membuat bibir jadi kering. Air liur tidak hanya mengandung asam yang dapat mengiritasi bibir, tetapi juga menjilati bibir secara terus-menerus akan menghilangkan minyak alami yang ada pada kulit. 

Gunakan pelembap bibir yang dapat melembabkan, menyehatkan dan menenangkan bibir kering.

3. Gunakan scrub bibir

Pengelupasan bibir dengan menggunakan scrub dapat membantu membuat bibir lebih lembut dan terhidrasi, tanpa menghilangkan kelembapan alaminya. Anda bisa membuat scrub bibir sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan dapur seperti madu, minyak kelapa, dan gula dengan jumlah yang sama.

Campur seluruh bahan, dan oleskan campuran itu ke bibir Anda secara perlahan. Setelah melakukan scrubbing pada bibir, jangan lupa kenakan pelembap bibir.

4. Masker bibir

Masker memiliki bentuk lembaran yang mirip dengan masker mata. Biasanya masker bibir mengandung aneka bahan yang melembapkan seperti asam hialuronat, shea butter, dan vitamin E.

Untuk menggunakannya, letakkan lembar berbentuk bibir di mulut Anda selama 10 menit. Kemudian, lepaskan lembaran masker dan biarkan sisa serum meresap ke dalam kulit bibir Anda untuk hasil kulit bibir yang lebih halus.

5. Gunakan pelembap udara

Udara kering seperti terlalu lama dalam ruangan ber-AC dapat menghilangkan kelembapan dari kulit. Pertimbangkan untuk memasukkan pelembap udara ke dalam ruangan untuk menambahkan kelembapan yang sangat dibutuhkan ke udara.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."