Ini Sebab Dilarang Banyak Minum Es Teh saat Buka Puasa

Ilustrasi Es Teh Manis. livestrong.com

kesehatan

Ini Sebab Dilarang Banyak Minum Es Teh saat Buka Puasa

Rabu, 29 April 2020 17:30 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah orang gemar minum es teh manis saat buka puasa Ramadan. Alasannya karena sensasi manis dan segar bisa mengatasi dahaga selama berpuasa. Memang disarankan mengonsumsi sesuatu yang manis sebagai pengganti energi saat buka puasa.

Namun, rasa manis yang dimaksud adalah yang didapatkan secara alami seperti kurma dan buah-buahan lainya. Sementara itu, rasa manis yang ada pada es teh berasal dari pemanis atau gula tambahan. Belum lagi, es teh kemasan dengan kandungan gula jauh lebih tinggi dari rekomendasi asupan gula harian.

Hal tersebut bisa memicu berbagai gangguan kesehatan, seperti berat badan jadi naik selama puasa, membuat tubuh terasa lelah dan lemas saat puasa, perut jadi terasa kembung, dan tidak nyaman karena gula berlebih akan sulit dicerna tubuh. Meski begitu mengonsumsi es teh untuk buka puasa boleh saja dilakukan sesekali dalam jumlah yang terbatas.

Bila es teh tidak disarankan untuk buka puasa, lalu apa yang harus dikonsumsi? Tenang, masih ada ragam menu buka puasa yang sehat dan tetap lezat untuk memuaskan dahag dan lapar Anda.

Alternatif pengganti es teh untuk buka puasa

1. Kurma

Tidak hanya mengandung gula alami yang baik untuk mengisi energi yang hilang selama puasa, kurma juga mengandung komponen lain yang bermanfaat. Buah yang satu ini kaya akan mineral seperti kalium, tembaga dan mangan yang baik untuk tubuh.

Kurma juga merupakan sumber serat yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

2. Buah-buahan

Selain kurma, masih ada banyak buah yang bisa menjadi sumber gula alami. Buah juga mengandung banyak air yang baik untuk mengisi cairan yang hilang selama puasa. Kandungan vitamin dan mineral dari buah juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa.

Anda pun bisa mengolah buah menjadi berbagai menu berbuka yang sehat dan segar. Misalnya, Anda bisa memilih buah favorit Anda menjadi smoothies dengan tambahan yoghurt sebagai menu berbuka puasa yang sehat dan segar. Anda juga bisa mengonsumsi yoghurt rendah lemak dengan topping atau pugasan buah kering.

3. Nasi merah dan sumber karbohidrat lain

Nasi merah, roti gandum, atau mi yang terbuat dari gandum juga sehat untuk dikonsumsi saat buka puasa. Sebab, makanan tersebut memberikan energi untuk tubuh sekaligus membantu memenuhi kebutuhan serat dan mineral.

Gula yang didapatkan dari karbohidrat kompleks ini juga akan bertahan lebih lama di tubuh sehingga tidak akan membuat Anda merasa lemas saat berpuasa.

4. Sup

Sup adalah salah satu makanan yang ideal untuk berbuka puasa. Hangatnya sup akan membuat perut terasa lebih nyaman dan Anda pun bisa memasukkan berbagai bahan sehat ke dalamnya seperti tahu dan sayur-sayuran.

5. Daging

Tidak hanya dari gula dan karbohidrat, energi juga bisa Anda dapatkan dari protein. Sehingga, Anda tetap dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan protein dari berbagai sumber, termasuk daging. Pilihlah daging yang sehat seperti dada ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak, dan ikan.

Anda juga bisa menambah asupan protein lewat konsumsi susu dan kacang-kacangan.

SEHATQ