Dokter Bagi 2 Syarat Penderita Maag Boleh Puasa Ramadan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi maag. freepik.com

Ilustrasi maag. freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Amankah penderita maag jalani puasa Ramadan? Dokter menjawab aman asalkan mengonsumsi obat-obatan dan konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Spesialis gizi klinik dr. Arti Indira mengatakan sah-sah saja untuk mengonsumsi obat maag. Sebab obat maag berfungsi menurunkan produksi asam lambung dan melapisi permukaan lambung.

"Enggak apa-apa dilanjutkan saja agar bisa tetap melaksanakan puasa," jelasnya.

Akan tetapi, menurutnya, ada beberapa pasien penderita maag berat dan apabila berpuasa malah akan memperparah kondisi. "Ya sebaiknya memang tidak berpuasa dulu," imbaunya.

Oleh karena itu, penderita maag perlu memperhatikan pula kondisi tubuh masing-masing. Mereka wajib berkonsultasi ke dokter apakah bisa berpuasa atau tidak. Begitu pula dengan penderita Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Penyakit tersebut paling sering dirasakan saat berpuasa.

"Kalau masih ringan boleh berpuasa. Kalau sudah berat, dengan tidak makan malah memperberat kondisi GERD" pungkas Indira.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."