Menu Buka Puasa dengan Pie, Aneka Rasa sampai Rasa Hati

Smoked Beef Blackpepper Mushroom Quiche dan Cheese Cake in Jars buatan Nyicip Kue di Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Senin, 20 April 2020. Nyicip Kue merupakan toko kue online spesialis pie. TEMPO/Nita Dian

kuliner

Menu Buka Puasa dengan Pie, Aneka Rasa sampai Rasa Hati

Sabtu, 25 April 2020 13:49 WIB
Reporter : Nita Dian Afianti Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu menu buka puasa yang menarik dicoba adalah pie. Aneka kreasi dan cita rasa pie begitu menggoda untuk disantap dan enak. Apalagi pie yang satu ini bisa sekaligus mencerminkan rasa hati karena di bagian atasnya bisa dibubuhkan ucapan atau gambar.

Pie dari Nyicip Kue memungkinkan kamu menikmati pie aneka rasa sampai mengungkapkan perasaanmu. Hidangan ini bisa menjadi alternatif penjaga silaturahmi dengan keluarga atau kolega. Misalkan, kirim pie dengan tulisan aku kangen atau pie bergambar wajahmu sebagai menu buka puasa si dia selama kalian menjalani physical distancing karena wabah corona.

Pemilik sekaligus juru masak Nyicip Kue, Frannoto mengatakan semua pie yang diantar baru dibuat saat ada pesanan. Juru masak langsung mengolah dalam 3 sampai 4 jam sebelum dikirim kepada pelanggan. Cara memesannya, cukup mampir ke Instagram @NyicipKue sambil memilih jenis pie yang diinginkan.

Beberapa menu yang tersedia di Nyicip Kue antara lain Smoked Beef Blackpepper Mushroom Quiche; Cheese Cake dingin yang satu paketnya terdiri dari tiga rasa, yakni brownie n cheese, milo cheese dan chocolate monster; dan aneka pie manis. Beragam pilihan rasa pie manis misalnya Dark Chocolate, Milk Chocolate, Cheese Brulee, Buttermilk Pear, Green Tea, dan Ubee Sweet Potato.

Smoked Beef Blackpepper Mushroom Quiche buatan Nyicip Kue di Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Senin, 20 April 2020. Nyicip Kue merupakan toko kue online spesialis pie. TEMPO/Nita Dian

Mari kita bedah rasanya satu per satu. Pie Smoked Beef Blackpepper Mushroom Quiche masih hangat ketika sampai di rumah. Pie ala Prancis ini berisi adonan basah dari potongan smoked beef, jamur kuping, dan saus lada hitam yang dituang ke dalam pie basic.

Walau hanya berdiameter 20 sentimeter dengan ketebalan sekitar 3 sentimeter, pie gurih ini cukup padat sehingga bisa disantap oleh 5 sampai 6 orang. Pas untuk perut orang lapar setelah seharian berpuasa, tapi masih malas mengisinya dengan makanan berat. Untuk jamuan lebih besar, Smoked Beef Blackpepper Mushroom Quiche bisa ditambah volumenya menjadi 30 x 4 sentimeter.

Cheese cake yang terdiri dari rasa brownie n cheese, milo cheese, dan chocolate dari usaha kuliner Nyicip Kue. Foto: Instagram NyicipKue

Aneka cheese cake dalam stoples ukuran 250 mililiter ini nikmat disantap dalam kondisi dingin. Dari tiga rasa yang tersedia, Milo ‘n Cheese, Brownie ‘n Cheese, dan Chocolate Monster, Milo ‘n Cheese punya cita rasa yang paling ramai. Komposisinya unsalted butter dipadukan dengan Milo dan remahan biskuit gandum, Milo n’ Cheese terasa seimbang di lidah. Tidak terlalu asin seperti Brownie ‘n Cheese.

Adapun Cheese Cake Chocolate Monster tersusun dari lapisan dark chocolate, tumbukan kasar Oreo, dan brownie. Manis, gurih, tekstur cake-nya lembut di lidah dan tidak lembek.

Sementara enam rasa pie manis, juaranya adalah Buttermilk Pear. Ada buah pir dan krim yang lezat di situ. "Enggak enek dan cocok sama pie-nya," ujar Nurul Agdini, 28 tahun.

Karikatur yang dilukis di atas eggtart dari usaha kuliner Nyicip Kue. Foto: Instagram NyicipKue

Khusus untuk pie yang ditambah ucapan atau gambar, salah seorang pemilik Nyicip Kue, Dyah Ayu akan membuatkan untuk pelanggan. Harganya tentu lebih mahal dibanding pie reguler. Tapi tentu custom ini berkesan istimewa sebagai hantaran berbuka untuk keluarga, kolega, atau si dia.