Ahli Sebut Berkebun Bisa Jaga Kesehatan Mental selama #dirumahaja

Ilustrasi suami istri berkebun. shutterstock.com

kesehatan

Ahli Sebut Berkebun Bisa Jaga Kesehatan Mental selama #dirumahaja

Rabu, 22 April 2020 20:30 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Berkebun salah satu kegiatan yang efektif mengusir kebosanan sekaligus menjaga kesehatan mental selama di rumah saja demi cegah virus corona baru alias covid-19.

“Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa berkebun ampuh memperbaiki rasa cemas dan bosan. Berkebun juga memberikan gairah dan semangat untuk menjalani hari, hal itu sangat dibutuhkan selama krisis ini,” ujar Cheney Creamer, Ketua Asosiasi Terapi Hortikultura di Kanada, seperti dilansir dari situs Global News.

Adapun manfaat lain yang bisa didapat dari berkebun, yakni menguatkan tulang dan otot kita. Melansir dari situs NPR, manajer Terapi Hortikultura di NYU, Gwenn Fried mengatakan bahwa ini didapat dari aktivitas berkebun yang menggerakkan seluruh tubuh. “Apalagi ditambah dengan paparan sinar matahari yang bisa memberikan vitamin D untuk tubuh,” katanya.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat pula, berkebun bisa membakar 330 kalori yang setara dengan berlari di lapangan selama satu jam. “Saat pandemi corona, kita tidak bisa keluar rumah. Aktivitas membakar lemak lewat lari pun bisa digantikan dengan bercocok tanam di rumah,” jelasnya.

Tak heran, setiap orang yang ingin tetap sehat secara mental dan fisik sangat dianjurkan bercocok tanam. “Semua anggota keluarga termasuk anak-anak hingga orang tua cocok untuk berkebun. Mulailah bersama-sama untuk mendapat semua manfaat baiknya di tengah pandemi corona,” pungkasnya.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA | GLOBALNEWS | NPR