7 Cara Cegah Leher Kaku saat Bekerja dari Rumah

Ilustrasi wanita bekerja di rumah. shutterstock.com

kesehatan

7 Cara Cegah Leher Kaku saat Bekerja dari Rumah

Jumat, 17 April 2020 10:10 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Selama bekerja dari rumah, sejumlah orang mengeluh sakit leher dan punggung. Penyebabnya antara lain desain kursi yang tidak ergonomis atau membuat Anda duduk tegak, harus membungkuk karena posisi laptop tak sama tinggi dengan mata, hingga perilaku bekerja sembari tengkurap di atas tempat tidur. 

Sejumlah pakar membagikan tips untuk atasi leher kaku, bahu pegal, dan sakit punggung selama bekerja dari rumah.

1. Peregangan

"Peregangan dapat membantu secara signifikan mengubah ketegangan dan membiarkan otot melunak," kata Joy. 

Caranya, pegang lengan kiri Anda keluar sementara tangan kanan Anda meraih pangkal tengkorak (alias oksiput) di sisi kiri Anda. Bernapas dan rentangkan kepala sedikit ke depan dan ke kanan sambil memberikan sedikit tekanan dengan tangan kanan ke sisi kiri leher Anda.

Gerakkan kepala dan leher Anda sedikit ke kanan dan kiri untuk menemukan peregangan sempurna ke leher Anda.

Lalu, gerakkan sedikit lengan kiri yang terangkat Anda dalam lingkaran kecil untuk menemukan peregangan sempurna di bahu dan bahu Anda. Setelah Anda menemukannya bernapas dalam-dalam dan rileks ke dalam peregangan. Tapi, jangan berlebihan. Ulangi pada sisi yang berlawanan.

2. Sesuaikan layar komputer

Apakah Anda bekerja di meja makan atau sofa? Ada kemungkinan postur Anda terkena dampaknya, kata Rebecca Brown, seorang ahli terapi fisik.

"Karena tingginya laptop, pengguna laptop sering duduk dengan bahu bulat dan dagu miring ke bawah, yang tidak ergonomis," tuturnya. "Untuk menjaga bahu Anda membentang dan leher memanjang, saya sarankan sedikit menarik layar laptop ke belakang, untuk monitor komputer dapat diposisikan setinggi mata, yang akan mendorong postur duduk yang tegak."

Anda juga dapat mencoba menyangga laptop Anda di atas tumpukan buku untuk mencapai posisi yang lebih ramah postur.

3. Minyak esensial

Anda mungkin pernah mendengar bahwa minyak esensial lavender dapat membantu Anda tidur lebih tenang. Juhi Singh, ahli akupunktur berlisensi dan pendiri Juhi Center yang berbasis di New York, Amerika Serikat, mengatakan bahwa minyak ini juga dapat membantu meringankan sakit leher dan bahu.

Ketika Anda menghirup aroma minyak esensial seperti lavender, otak rileks mengarah ke keadaan yang lebih santai. Sedangkan untuk menghilangkan rasa sakit, sebuah studi tahun 2016 menunjukkan bahwa peserta yang menggabungkan minyak esensial lavender dengan pijatan ringan terlihat sakitnya berkurang sekaligus meningkatkan kinerja fisik.

Untuk manfaat tambahan, coba letakkan beberapa tetes di pergelangan tangan Anda dan gosokkan ke tangan sebelah. Ada tiga titik tekanan yang terletak di pergelangan tangan - satu di bawah ibu jari, yang lain di bawah jari tengah, dan yang terakhir di bawah jari kelingking.

4. Krim pereda rasa sakit

Ada banyak krim atau balsam pereda rasa sakit yang beredar di pasaran. Krim ini biasanya terbuat dari bahan-bahan seperti kapur barus, mentol, dan minyak cengkeh. Untuk efek yang lebih baik, Singh merekomendasikan mandi air hangat dan kemudian menerapkan balsem karena akan lebih baik meresap ke kulit dan bersantai. 

5. Pakai bola kecil

Juhi Singh menyebutnya senjata rahasia untuk atasi nyeri tubuh bagian atas. Apa itu? Bola kecil seukuran bola golf. Ambil bola itu, lalu tempelkan ke dinding, dan dorong punggung Anda menekan bola. 

“Ini adalah cara langsung untuk meredakan ketegangan di leher dan bahu Anda, dan itu juga bertindak sebagai semacam terapi akupresur," jelasnya.

Anda juga dapat mencoba menggunakan bola lacrosse atau bola terapi yang dirancang dengan mempertimbangkan otot-otot yang tegang.

6. Pijat

Salah satu area yang menjadi fokus pijatan dalah titik Yin Tang di antara kedua alis Anda. Letakkan ibu jari kanan dengan kuat di antara kedua alis Anda dan empat jari yang tersisa taruh di kepala Anda dengan telapak tangan menghadap Anda.

Tekan di titik tersebut selama 30 detik sambil mengambil napas dalam-dalam untuk menenangkan sistem saraf. Secara bersamaan itu melepaskan kecemasan dan ketegangan, bahkan bisa mengatasi sakit kepala.

7. Istirahat

Jangan meremehkan istirahat yang solid saat bekerja dari rumah. Bangun dan berjalan di sekitar rumah, atur waktu setiap 30 menit. Selama istirahat, gunakan untuk melakukan peregangan atau melakukan hal lain yang tidak berhubungan dengan pekerjaan.

MILA NOVITA