5 Cara Menghemat Listrik selama di Rumah Saja

ilustrasi listrik di rumah (pixabay.com)

ragam

5 Cara Menghemat Listrik selama di Rumah Saja

Jumat, 17 April 2020 08:10 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Lebih dari satu bulan warga DKI Jakarta dan wilayah sekitarnya mengikuti imbauan beraktivitas di rumah saja untuk cegah penularan virus corona baru atau COVID-19. Tak bisa dielakkan ada peluang kenaikan tagihan listrik. Sebab sejumlah pekerjaan menggunakan tenaga listrik, selain pemakaian listrik yang rutin untuk kebutuhan harian.

Berikut tips bijak dalam pemakaian listrik mengutip laman Alliance for Innovation and Infrastructure dan UK Power 

1. Memanfaatkan cahaya dari luar ruangan

Selama matahari masih di atas awan alias dari pagi hingga sore hari, sangat disarankan untuk mematikan semua lampu di dalam rumah. Sebagai alternatif pencahayaan, gunakan sinar alami dari jendela dan pintu ruangan-ruangan di rumah Anda.

2. Melepas semua colokan listrik yang tidak terpakai

Cabut colokan listrik yang tak terpakai dari stop kontak. Jika tak dilepaskan, aliran listrik terus berjalan. Alhasil, tagihan pun meningkat dengan sia-sia lantaran tak dipakai. Salah satu contohnya, jangan malas mencabut kabel pengisi daya ponsel dan laptop.

3. Pilih salah satu hiburan saja

Sejumlah orang menyalakan televisi namun tidak ditonton. Ada pula beberapa orang yang memutar radio atau bermain telepon genggam secara bersamaan, yang nyatanya hanya fokus pada satu alat saja. Padahal, barang-barang elektronik ini membutuhkan tenaga listrik yang bisa memberatkan tagihan Anda.

Jadi, inilah saatnya untuk Anda berlatih menjadi lebih berhemat dengan memilih salah satu alat hiburan saja. Jika ingin menonton televisi, maka hentikan aktivitas bermain gadget atau gawai dan menyalakan radio. Begitu pula saat sedang ingin menggunakan telepon genggam, matikan televisi dan radio.

4. Gunakan pendingin ruangan dengan suhu ruangan

Salah satu tantangan di rumah terjadi saat udara semakin panas dan lembab. Memang, penggunaan AC diperbolehkan. Namun patut dipahami agar memilih temperatur yang sesuai dengan suhu ruangan, yakni 25 derajat celsius. Sebab, penurunan suhu dua di bawah normal saja sudah menaikkan tagihan listrik sebanyak lima persen.

5. Mencuci pakaian dengan mesin di malam hari

Banyak orang tidak sadar bahwa ini adalah salah satu trik yang paling ampuh untuk menghemat biaya listrik. Apa hubungannya? Jadi, setiap biaya listrik akan mengikuti pergerakan masyarakat. Dalam artian, saat mereka aktif beraktivitas, biaya listrik pun meningkat. Sedangkan saat malam hari dengan aktivitas terbatas, biaya listrik pun tidak terlalu tinggi.

Hal ini membuat ada perbedaan biaya saat Anda menyalakan lampu di siang dan malam hari. Jadi jika ingin berhemat saat di rumah saja dan ingin mencuci pakaian dan aktivitas lain dengan listrik, lebih disarankan untuk melakukannya pada malam hari.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA