5 Trik Agar Pola Makan Tak Berantakan selama di Rumah Saja

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita makan makanan manis. Unsplash/Thomas Kelley

Ilustrasi wanita makan makanan manis. Unsplash/Thomas Kelley

IKLAN

CANTIKA.COMJAKARTA - Sejumlah orang berjuang agar tidak terus makan atau ngemil selama di rumah saja. Apakah Anda salah satu di antaranya? Bila iya, mari sama-sama kita pelajari apa sebabnya dan bagaimana cara atasinya dari pakar. 

Fitness Traniner dan Fatloss Coach Sari Anisa mengajak Anda untuk mengecek kembali jika Anda sudah kenyang tetapi inginnya masih makan terus. "Bisa jadi ada faktor emosional (bosan atau stres) atau faktor kebiasaan (snacking habits). Karena umumnya untuk merasa lapar lagi butuh waktu minimal satu jam setelah makan utama," ucap Sari saat dihubungi Tempo.co, pada Jumat, 10 April 2020.

Berikut trik agar pola makan Anda tidak berantakan selama masa di rumah saja dari Sari Anisa 

1. Buat jadwal makan

Makanlah teratur pada jadwal makan pagi, siang, dan malam yang sudah ditetapkan. Dengan makan secara teratur akan jauh membuat kita merasa kenyang dibanding ngemil.

2. Protein di setiap makanan

Cari tahu kebutuhan protein harian Anda kemudian dibagi 2-3 kali makan atau bebas dibagi berapa kali Anda mau selama satu hari. Protein bisa membantu menyeimbangkan level gula darah untuk mencegah cravings atau keinginan makan terus menerus. Dengan makan cukup protein, maka dapat membuat kenyang lebih lama.

3. Cukup air minum

Dehidrasi atau kurangnya cairan bikin tubuh Anda lemas, nanti muncul rasa ingin ngemil lagi, penuhi kebutuhan minum harian Anda minimal 2-3 liter per hari. Mudahnya cek kondisi urine harian Anda, semakin tidak berwarna berarti kebutuhan air harian Anda sudah bagus.

4. Bikin kudapan sendiri

Sari mengatakan trik ini sering ia terapkan agar lebih higienis dan terjamin gizinya. Buah juga bisa menjadi opsi camilan, selain rendah kalori juga lebih sehat dan mengandung serat karena bikin kenyang lebih lama.

5. Buat rencana atau agenda kegiatan

Buatlah sejumlah agenda kegiatan di luar rutinitas dan tugas harian. Contohnya, beres-beres kamar, membersihkan tas kerja, jalan di sekitar kompleks selama 10 menit hingga hapus sejumlah file yang membuat memori ponsel penuh. Anda juga bisa belajar olahraga via online atau daring. Selain itu, menghubungi teman-teman juga bisa mengalihkan pikiran dari makanan.

"Jangan lupa untuk tetap jaga kebersihan dengan sering mencuci tangan, cukup istirahat sehingga pagi hari bisa menyapa sinar matahari dan ambil waktu sejenak untuk tetap aktif misal jalan santai di sore hari 10-15 menit untuk menikmati udara luar agar fisik dan pikiran lebih bugar," imbau Sari.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."