Gaya Ayu Dewi Bak Maiko, Lengkap dengan Bedak Putih Tebal

(paling kiri) Ayu Dewi memakai kimono, pakaian tradisional Jepang, bersama suami Regi Datau dan anak pertamanya, Aqilah Dewi Humairah. Ayu Dewi berdandan ala geisha saat liburan keluarga lima tahun lalu. Foto ini diunggah di Instagram pada 10 April 2020. Instagram.com/@mrsayudewi

mode

Gaya Ayu Dewi Bak Maiko, Lengkap dengan Bedak Putih Tebal

Jumat, 10 April 2020 15:25 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Ayu Dewi tak pernah kehabisan akal dalam menginspirasi dan menghibur selama di rumah saja. Usai berbagi ide beberes rumah bersama anak-anaknya, membuat disinfektan di rumah, dan berjemur bersama, kini ia mengunggah foto saat liburan di Jepang lima tahun silam.

Dalam foto yang diunggah di Instagram pada Kamis, 10 April 2020 tampak Ayu Dewi beserta suami, Regi Datau, dan anak pertamanya, Aqilah Dewi Humairah, mengenakan kimono, pakaian tradisional khas Jepang. Regi tampak gagah dalam kimono tema monokrom, hitam dan putih. Sementara Ayu dan Aqilah terlihat cerah dalam balutan kimono warna merah motif bunga-bunga. Warna kimono yang dipakai Ayu Dewi terlihat lebih gelap dibandingkan putrinya.

Tak sekadar kimono, Ayu menceritakan tampilannya saat itu ingin meniru maiko dalam film Memoirs of A Geisha pada 2005. Mengutip laman Maiko-Kyoto.jp, Maiko adalah gadis yang sedang belajar mengabdikan hidupnya untuk kebudayaan Jepang dengan cara hidup seorang geisha. Istilah maiko  hanya digunakan di Kyoto dan disebut calon geiko atau geisha.

"Saking cintanya sama Memoirs of A Geisha, waktu itu ngotot mau foto jadi Maiko," tulis presenter 35 tahun itu. Wajah Ayu tampak ditutupi lapisan bedak putih yang tebal dan lipstik merah menyala. Ia juga mengenakan hiasan rambut seperti tusuk konde yang disebut Hanakanzashi. Di bagian pinggang kimononya juga terdapat obidome besar, yaitu obi ukuran besar dengan hiasan ornamen. 

Menurut Ayu, Aqilah menolak memakai bedak. Padahal ia ingin tampil serasi dengannya. Ia berencana ingin mengulang kembali foto tersebut dengan meminjam kimono Luna Maya.

"Mumpung di rumah aja, bisa kali ya coba-coba foto gini.. etapi ga punya kimononya. Ebentar, keknya @lunamayapunya ni, pinjem bole keleuzzz," candanya.

Tentu saja, unggahan dua jam lalu ini ramai disinggahi warganet dengan ragam komentar yang menghibur. Termasuk  Edric Tjandra salah satu sahabatnya di geng menteri ceria.

"Makasih kak ayuuu. Dah bikin ketawa hari ini," tulis akun @pramegan. "Buaga, jangan dandan gt yak kalo malem2. SEREM! putih bet dah kaya mrs K," jelas akun @adelacarera.

"Aku bingung harus berkata apa tapi kau selalu terdepan," tulis Edric Tjandra. Ayu pun menanggapi, "Luv Kan Kamoh." Edric kembali menggoda sahabatnya bahwa ia menyukai tapi bingung dengan tren fashion ibu tiga anak ini.

Teruslah menghibur Ayu Dewi....kami menikmatinya.