Pakai Mesin ATM Saat Wabah Corona, Perhatikan Tempat dan Caranya

Ilustrasi mesin ATM (Pixabay.com)

kesehatan

Pakai Mesin ATM Saat Wabah Corona, Perhatikan Tempat dan Caranya

Minggu, 5 April 2020 15:01 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi yang terpaksa menggunakan mesin ATM atau Anjungan Tunai Mandiri saat wabah corona, sebaiknya lebih berhati-hati agar terhindar dari virus corona.

Sebagaimana kita ketahui, satu mesin ATM bisa digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kondisinya. Beberapa bagian di mesin ATM pun bisa menjadi tempat bakteri dan virus. Dan ketika kita memakainya, mau tak mau harus menyentuh, setidaknya bagian tombol dan layar, mesin ATM tersebut.

Mengutip laman Live Mint dan Financial Express ada beberapa cara mengoperasikan mesin ATM agar terhindar dari risiko penyakit. Bahkan kita mesti jeli dalam memilih mesin ATM yang hendak digunakan.

Berikut empat tips menggunakan mesin ATM yang aman dan terhindar dari penyakit:

  1. Perhatikan lokasi mesin ATM

    Gunakan mesin ATM yang ditempatkan pada area terbuka. Ini bukan berarti mengabaikan faktor keamanan karena apa yang Anda lakukan di mesin ATM akan terlihat atau bisa diintip oleh orang lain.

    Mesin ATM yang berada di tempat terbuka memiliki perputaran udara yang lebih baik. Dengan begitu, lebih sedikit kuman yang bersarang di sana. Disarankan menghindari mesin ATM yang ditempatkan di ruang tertutup dan berpendingin udara karena bakteri dan virus lebih nyaman tinggal di situ.

  2. Pakai masker dan sarung tangan

    Pakailah masker agar terhindar dari bakteri atau virus yang terbawa dari orang-orang yang sedang mengantre. Sarung tangan juga melindungi Anda dari layar dan tombol di mesin ATM yang sudah dipakai banyak orang.

  3. Jangan sentuh wajah

    Hindari menyentuh area wajah, terutama mulut, hidung, dan mata saat bertransaksi di mesin ATM. Ketiga organ tubuh ini menjadi titik awal masuknya virus corona. Virus akan masuk melalui mukosa atau selaput lendir yang terdapat di lapisan dalam kulit.

  4. Bersihkan tangan

    Segera cuci tangan seusai menggunakan mesin ATM. Jika ingin cara instan bisa dengan menggunakan hand sanitizer. Atau cari tempat cuci tangan untuk membersihkan tangan menggunakan air mengalir dan sabun.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA | LIVEMINT | FINANCIALEXPRESS