Wabah Corona, 5 Alat Pelindung Diri atau APD Lengkap Tenaga Medis

Staf medis India dengan alat pelindung diri saat di bangsal rumah sakit untuk merawat pasien virus Corona di rumah sakit pemerintah Rajiv Gandhi di Chennai, India, 29 Januari 2020.[REUTERS]

kesehatan

Wabah Corona, 5 Alat Pelindung Diri atau APD Lengkap Tenaga Medis

Minggu, 29 Maret 2020 10:20 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Petugas kesehatan membutuhkan Alat Pelindung Diri atau APD saat merawat pasien yang terinfeksi virus corona. Mereka adalah garda terdepan penanganan wabah COVID-10 dan yang paling rentan terpapar.

Rumah sakit kini justru kekurangan APD bagi tenaga medis. Dalam satu hari dibutuhkan 17 set APD sekali pakai untuk merawat seorang pasien. Alat pelindung diri yang diperlukan petugas kesehatan terdiri dari beberapa bagian.

Baca juga: Anne Avantie Buat APD untuk Tenaga Medis Lawan Wabah Corona

Berikut rincian alat pelindung diri atau APD yang dibutuhkan tenaga medis.

  1. Baju Pelindung

    Baju pelindung seluruh tubuh sekali pakai Tyvek 400 TY122S WH dari DuPont ini telah memenuhi standar internasional untuk perlindungan terhadap virus dan biohazard. Baju ini terbuat dari Tyvek, yakni serat polietilen densitas tinggi berukuran 0,5-1 mikron. Pakaian ini juga dikenakan oleh tim darurat insiden nuklir Fukushima, Jepang, dan tim forensik kepolisian New South Wales, Australia.

    Alat pelindung diri atau APD baju pelindung.

    Harga: Rp 250 ribu

  2. Masker Wajah

    Masker atau pelindung muka N95 Particulate Respirator 8210 dari 3M ini mendapat persetujuan dari National Institute for Occupational Safety and Health, bagian dari Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat. Masker ini untuk mencegah berpindahnya mikroorganisme, cairan tubuh, dan partikel halus yang berdiameter 0,3 mikron.

    Masker P2/N95. Directindustry.de

    Harga: Rp 84 ribu

  3. Kacamata Pengaman

    Kacamata Uvex Stealth Safety dari Honeywell ini memiliki lensa polikarbonat bening dengan pelapis Uvextreme antikabut dan tahan gores. Karet penahannya menempel lembut pada wajah tanpa memiliki celah. Terdapat kanal ventilasi ekstra untuk menambah pengendali kabut dan sirkulasi udara. Lensanya mudah dibongkar-pasang. Kacamata ini memenuhi standar American National Standards Institute dan Canadian Standards Association.

    Alat pelindung diri atau APD kacamata pengaman.

    Harga: Rp 296 ribu

  4. Sarung Tangan

    Sarung tangan sekali pakai 66519 Raven Nitrile dari SAS Safety ini dipilih situs Environmental Design + Construction sebagai sarung tangan karet sintetis nitrile terbaik. Sarung tangan nitrile menjadi pilihan bagi pengguna yang sensitif terhadap lateks. Tekstur Raven terasa lembut di ujung-ujung jari sehingga memudahkan pemakai mencengkeram obyek atau memegang peralatan.

    Alat pelindung diri atau APD sarung tangan.

    Harga: Rp 220 ribu per boks

  5. Topi Proteksi

    Topi Headgear H8A dan perisai kaca Faceshield WP96 dari 3M ini menambah perlindungan untuk area kepala dan wajah. Topi Headgear H8A terbuat dari termoplastik yang tahan benturan, sedangkan perisai Faceshield WP96 terbuat dari polikarbonat bening yang antigores dan tahan percikan bunga api.

    Alat pelindung diri atau APD topi proteksi.

    Harga: Rp 313.500 (topi) | Rp 110.000 (kaca)