Cara Aman Menerima Barang dari Kurir saat Wabah Corona

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi belanja online / e-commerce. freepik.com

Ilustrasi belanja online / e-commerce. freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JAKARTA - Beragam panduan belanja ke supermarket di tengah pandemi virus corona baru atau COVID-19 yang harus kita patuhi demi kesehatan diri dan orang-orang sekitar. Mulai dari kebersihan tangan, mencuci bahan segar yang dibeli membawa tas belanja sendiri yang bisa dicuci hingga mandi setibanya di rumah. Lalu, apa saja langkah perlindungan diri saat menerima barang dari belanja online?

Sebelum sampai ke sana, kita simak sejenak peningkatan transaksi online. Menurut Chief Executive Officer atau CEO Orami, Ferry Tenka transaksi meningkat selama imbauan pemerintah agar beraktivitas di rumah guna memutus mata rantai corona. Orami salah satu situs belanja yang menyediakan keperluan rumah tangga. Jenis produk yang meningkat adalah kebutuhan bayi dan anak, produk kebersihan, dan aneka vitamin. 

Sejalan dengan imbauan lain tentang pola hidup bersih, proses pengemasan hingga pengiriman barang di Orami pun semakin diperketat aturannya. Di antaranya produk-produk selalu diberi disinfektan sebelum dikirimkan, begitu pula dengan kantor dan gudang yang disteril. Setiap kurir internal selalu mengenakan masker. Selain masker dan menjaga kebersihan, kurir dan kru dicek suhu tubuhnya secara berkala dan wajib pakai hand sanitizer atau cairan pembersih tangan.

"Ke semua hal ini kami lakukan tidak hanya untuk menjaga higienitas dan peace of mind konsumen saat berbelanja, namun juga untuk melindungi kesehatan dan keamanan para kurir dan kru di gudang Orami'” lanjut Ferry.

Saat barang dikirim ke rumah, para konsumen diimbau berkomunikasi dengan kurir untuk menaruh barang kirimannya di tempat yang aman serta berjarak. Bila Anda ingin memberi tips, siapkan terlebih dahulu di dalam plastik atau amplop.

Saat barang sudah ditaruh di tempat yang ditentukan, buka dan buang plastik, kardus atau wadah pengiriman barang. Tujuannya memperkecil peluang masuknya virus atau bakteri ke dalam rumah. Terakhir, cuci tangan untuk mencegah menempelnya virus atau bakteri lainnya. 

EKA WAHYU PRAMITA | SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."