6 Cara Lindungi Diri saat Terpaksa ke Luar Rumah di Tengah Corona

Ilustrasi penggunaan masker, sebagai salah satu upaya penyebaran virus.

kesehatan

6 Cara Lindungi Diri saat Terpaksa ke Luar Rumah di Tengah Corona

Jumat, 27 Maret 2020 19:00 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Tak semua orang bisa bekerja di rumah guna menangkal penyebaran virus corona atau COVID-19, ada sejumlah profesi seperti kurir, petugas apotek, relawan hingga petugas keamanan tetap bekerja di luar rumah. Anda yang memilih karantina diri ada kalanya keluar rumah untuk kebutuhan mendesak seperti belanja kebutuhan pokok.

Untuk menjaga kesehatan Anda dan orang-orang di sekitar ada baiknya mengikuti sejumlah cara perlindungan diri saat terpaksa beraktivitas di luar rumah

1. Memakai masker

Sebenarnya, masker hanya diperlukan untuk mereka yang sedang sakit, untuk mencegah penularan pada orang lain. Namun untuk berjaga-jaga, masker juga tetap dibutuhkan untuk ke luar rumah, apalagi jika hendak mendatangi tempat yang ramai.

Selain itu, Anda harus mengetahui cara menggunakan masker yang tepat seperti berikut ini. Sebelum menggunakan masker, cuci tangan dengan air bersih mengalir serta sabun

Gunakan masker hingga menutupi mulut dan hidung. Pastikan tidak ada celah terbuka antara masker dan wajah Hindari menyentuh masker saat menggunakannya. Jika tidak sengaja menyentuhnya, segera cuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau memakai hand sanitizer atau cairan pembersih telapak tangan.

Saat tidak memerlukannya lagi, buanglah masker. Lepas masker dengan menarik tali pengikatnya di belakang, kemudian buang ke tempat sampah. Jangan lupa untuk mencuci tangan kembali.

2. Jangan lupa cuci tangan

Mencuci tangan adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah virus corona. Maka dari itu, jika melihat toilet atau wastafel di tempat umum, segera cuci tangan Anda.

Cuci tangan juga ada aturannya. Ikutilah tahapan cuci tangan seperti di bawah ini.

- Basahi tangan dengan air mengalir.

- Gunakan sabun.

- Gosok seluruh permukaan tangan, mulai dari punggung tangan, sela-sela di antara jari, hingga bawah kuku.

- Bersihkan secara menyeluruh dengan air mengalir.

- Keringkan tangan dengan tisu sekali pakai yang bersih.

- Selalu ingat untuk tidak menyentuh wajah Anda, apalagi jika tangan belum tercuci dengan bersih. Sebab, bisa saja tangan sudah terkontaminasi virus atau kotoran lainnya.

3. Membawa hand sanitizer

Bawalah hand sanitizer berbasis alkohol, dengan bahan 60 persen etanol dan 70 persen isopropanol, saat bepergian ke luar rumah. Selalu ingat untuk menggunakan hand sanitizer, jika tidak air mengalir dan sabun, setelah menyentuh benda atau permukaan apa pun.

4. Jangan lupakan tisu

Tisu adalah hal penting yang tidak boleh dilupakan saat ke luar rumah. Anda akan membutuhkan dalam berbagai macam kegiatan.

Misalnya, jika ingin duduk atau menyandarkan lengan di sebuah permukaan, Anda bisa membersihkannya dulu dengan tisu itu.

Selain itu, Anda juga bisa “membentengi” tangan dengan tisu ketika ingin memegang sesuatu. Misalnya, memegang gagang pintu saat ingin masuk ke ruangan.

Namun ingat, langsung buang tisu yang sudah dipakai. Jangan pernah menggunakannya tisu bekas yang sudah kotor.

5. Hindari penggunaan uang kertas

Menggunakan uang tunai untuk transaksi bisa meningkatkan risiko penularan virus corona. Sebab, Anda tidak tahu apakah uang kembalian yang diberikan oleh penjual, telah terkontaminasi virus corona atau belum. Itulah sebabnya, Anda disarankan untuk membayar dengan memanfaatkan aplikasi bayar atau kartu debit selama di luar rumah.

6. Terapkan social distancing

Saat Anda terpaksa ke luar rumah, ingatlah social distancing. Menurut World Health Organization (WHO) atau Badan Kesehatan Dunia, social distancing memainkan peranan penting dalam memperlambat penyebaran virus corona.

Social distancing dapat dilakukan dengan menjaga jarak 1 meter dari orang lain, termasuk dari yang bersin atau batuk. Selain itu, sebisa mungkin hindari tempat keramaian, tidak berjabat tangan dengan orang lain, dan menghindari penggunaan uang kertas.

Terlebih dari ini semua, biasakan diri untuk tidak menyentuh wajah. Sebab, tangan Anda mungkin telah menyentuh permukaan yang sudah terkontaminasi virus corona. Ditakutkan, saat Anda menyentuh wajah, virus itu masuk lewat hidung, mulut, atau mata.

SEHATQ