6 Langkah Cegah Kulit Kering karena Sering Cuci Tangan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi cuci tangan. pixabay.com

Ilustrasi cuci tangan. pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Cuci tangan secara teratur merupakan kebiasaan sehat untuk melindungi diri dari beragam kuman, bakteri, dan virus. Di masa pandemi virus corona baru atau COVID-19 ini, kegiatan cuci tangan lebih sering kita lakukan dari biasanya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun mengimbau untuk sering mencuci tangan untuk menangkal virus corona. Namun, terlalu sering cuci tangan juga bisa membuat telapak tangan kering.

Berikut beberapa tips untuk cegah kulit telapak tangan kering seperti dilansir Healthline

1. Cuci dengan air hangat

Daniela Kroshinsky, direktur dermatologi anak dan rawat inap di Rumah Sakit Umum Massachusetts, Amerika Serikat, mengatakan untuk mencuci tangan setidaknya 20 detik dengan sabun dan air. Selain itu, gunakanlah air hangat dengan banyak sabun.

2. Gunakan sabun berpelembap

Lucy Xu, spesialis kulit dan pendiri London Premier Laser and Skin Clinic, mengatakan cucilah tangan menggunakan sabun yang mengandung pelembap sebab sabun biasa dapat membuat kulit mengelupas, kering, dan pecah-pecah.

"Misalnya, sabun dengan konsistensi krim. Anda juga harus memperhatikan sabun dengan bahan-bahan seperti gliserin dan lanolin. Coba juga untuk menghindari sabun batangan," tutur Xu.

Selain itu, jangan mencuci tangan terlalu agresif dan terburu-buru sebab akan merusak lapisan kulit.

3. Pakai pelembap

Setelah mencuci tangan, sebisa mungkin langsung menggunakan pelembap berupa salep atau krim sebab keduanya memiliki kandungan air cukup banyak dibandingkan losion.

4. Gunakan balsem kulit

Jika menderita kondisi kulit seperti eksim atau psoriasis dan kulit kering semakin kering atau pecah-pecah karena sering cuci tangan, maka gunakanlah balsem kulit seperti Vaseline.

5. Gunakan pembersih tangan sebagai pengganti sabun

Jika tangan terlalu pecah-pecah, Kroshinsky mengatakan cairan pembersih tangan bisa digunakan sebagai ganti untuk sementara waktu.

"Pembersih tangan adalah pilihan lain untuk membatasi cuci tangan sampai kulit pulih, tetapi tidak untuk sebelum makan, setelah dari toilet, atau tangan terlihat kotor, yang harus dibersihkan dengan cuci tangan," katanya.

6. Keringkan dengan tisu

Hal yang paling tepat untuk mengeringkan tangan adalah dengan tisu. Jika memilih untuk menggunakan handuk, pastikan setiap orang memiliki handuk sendiri dan menggantinya setiap tiga hari.

Pastikan juga tangan benar-benar kering karena kuman lebih mudah dipindahkan pada tangan yang basah.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."