Manfaat Teh Hijau Fermentasi Bikin Kulit Lebih Sehat dan Kencang

Teh hijau.

kecantikan

Manfaat Teh Hijau Fermentasi Bikin Kulit Lebih Sehat dan Kencang

Kamis, 19 Maret 2020 09:40 WIB
Reporter : Eka Wahyu Pramita Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JAKARTA - Sudah sejak lama teh hijau atau green tea dikenal berkhasiat untuk perawatan kulit wajah. Di dalam teh hijau terkandung Epigallocatechin Gallate (EGCG) yang memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba. 

Mengutip laman Healthline, Kamis, 19 Februari 2020, kandungan EGCG bisa mengatasi jerawat dan kulit berminyak. EGCG adalah anti-androgenik dan mampu menurunkan kadar lipid yang membuatnya efektif dalam mengurangi ekskresi sebum di kulit wajah. Dengan mengurangi sebum, EGCG dapat memperlambat atau menghentikan perkembangan jerawat.

Sebum adalah zat berminyak yang dikeluarkan oleh kelenjar sebaceous untuk melembapkan kulit dan rambut Anda. Sementara androgen adalah hormon yang diproduksi tubuh Anda. Jika Anda memiliki tingkat androgen yang tinggi atau berfluktuasi bisa menyebabkan kelenjar sebaceous  menghasilkan jumlah sebum yang lebih besar.

Kembali ke soal manfaat teh hijau, beberapa merek kecantikan pun sudah menggunakan teh hijau sebagai kandungan andalan. Di antaranya Innisfree, merek asal Korea Selatan, yang memanfaatkan teh hijau sejak 1979. Green Tea Seed Serum salah satu produk andalannya.

Usai melalui proses penelitian yang cukup panjang, Innisfree menemukan manfaat lain dari daun teh hijau. Selain menghidrasi kulit wajah, daun teh hijau yang difermentasi memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga bisa menyehatkan dan mengencangkan kulit.

Memanfaatkan bahan tersebut, Innisfree memperkenalkan rangkaian Black Green-tea kepada para pelanggannya. Rangkaian ini diperoleh dari bahan dasar teh hijau asal Pulau Jeju yang bebas pestisida, melalui proses fermentasi, dan proses pematangan dua tahap selama 100 hari.

Setelah melalui proses tersebut, daun teh hijau yang telah berubah menjadi Black Green-tea, kini memiliki manfaat antioksidan yang tinggi dan mengandung Gallic Acid yang membuat kulit lebih bersih dan kencang.

Innisfree meluncurkan rangkaian produk Black Green-tea yaitu Black Green-tea Serum, Black Green-tea Cream, dan Black Green-tea Mask.

Black Green-tea Serum EX 50ml memiliki 67,5 persen kandungan Black Green-tea yang bisa menutrisi dan melembapkan kulit hingga lapisan terdalam serta membuat kulit lebih elastis. Produk selanjutnya adalah Black Green-tea Cream EX 60ml. Krim pelembap kaya antioksidan ini dapat memperlambat proses penuaan kulit dengan kandungan black green tea sebesar 55,4 persen dan mencerahkan serta menutrisi kulit.

Adapula Black Green-tea Mask EX 80ml merupakan masker bilas dengan kandungan Black Green-tea sebesar 55% yang diklaim bisa membersihkan sel kulit mati dan menenangkan kulit dengan efek yang mendinginkan.