Bekerja di Rumah Selama Wabah Corona, Ikuti 5 Tips Supaya Fokus

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi bekerja di rumah. shutterstock.com

Ilustrasi bekerja di rumah. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pemerintah menganjurkan agar masyarakat bekerja di rumah selama wabah corona. Anak sekolah pun tidak berangkat dan diminta belajar di rumah.

Saat orang tua dan anak berada di rumah, maka rasanya seperti hari libur. Padahal masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan, sementara anak-anak belum tentu bisa duduk tenang belajar.

Bekerja di rumah memang memiliki tantangan berbeda. Terutama yang masih memiliki anak kecil, mereka akan sulit untuk fokus pada pelajaran jika tidak diawasi. Konsentrasi untuk mengerjakan tugas kantor pun kerap teralihkan saat anak sudah mulai bosan dengan apa yang mereka lakukan.

Siswa sekolah dasar mengerjakan tugas sekolah saat hari pertama Belajar jarak jauh di Kampung Baru I, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin, 16 Maret 2020. Akibat merebaknya wabah Covid-19, pemerintah Provinsi DKI Jakarta meliburkan seluruh kegiatan belajar mengajar di sekolah selama dua pekan. TEMPO/Imam Sukamto

Mengutip laman Mindstool, Anda tetap bisa bekerja di rumah dalam berbagai suasana. Hanya perlu sedikit sentuhan, antara ketegasan dan kesenangan.

Berikut tips supaya fokus dan tetap produktif selama bekerja di rumah.

  1. Motivasi diri


    Pikirkan sisi positif dari bekerja di rumah. Anda terhindar dari potensi tertular virus corona, tak keluar ongkos transportasi, tak perlu bersiap dan berdandan seperti biasa berangkat ke kantor. Artinya, waktu yang biasa digunakan untuk mempersiapkan semua itu dapat digunakan untuk melakukan sesuatu bersama anak-anak.

  2. Kurangi pengalih perhatian


    Beri batas misalnya Anda berada dalam satu ruangan yang tak bisa diganggu sama sekali. Dengan membuat batasan ini, anak, suami, istri, atau siapapun yang ada di rumah akan memahami kalau Anda sedang fokus bekerja. Jangan mudah teralihkan dengan suara yang menggoda dari luar ruangan.

  3. Atur waktu


    Perkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan tugas A, B, C, dan seterusnya. Maka dalam waktu itulah Anda akan berada di ruangan sendirian dan menyelesaikan tugas. Setelah selesai, keluarlah dari ruangan tersebut dan bercengkrama kembali dengan anak atau melakukan pekerjaan rumah tangga, misalnya memasak atau berbenah rumah. Perlu diingat, jangan pula kemudian larut dalam urusan rumah sementara pekerjaan belum selesai.

  4. Disiplin


    Bekerja dari rumah juga membutuhkan kedisiplinan. Jika di kantor Anda harus masuk pukul 08.00, maka di rumah pun Anda semestinya mulai bekerja di jam itu. Saat sedang bekerja, jauhi segala sesuatu yang bisa mengalihkan perhatian dari pekerjaan, misalnya media sosial dan menjawab pesan singkat yang tidak terlalu penting.

  5. Beri hadiah untuk diri sendiri


    Saat pekerjaan sudah selesai, berilah hadiah untuk diri sendiri. Sekadar membuat teh hangat atau kopi ditemani makanan kecil sambil menonton film akan membantu melepaskan penat. Mungkin juga Anda dapat meninabobokan anak-anak, sesuatu yang jarang dilakukan lantaran hampir setiap hari Anda pulang larut malam.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."