Corona Bikin Kerja dan Belajar di Rumah, 7 Benda Ini Harus Bersih

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ruang keluarga dengan desain interior bohemian (Sumber: decoist.com)

Ruang keluarga dengan desain interior bohemian (Sumber: decoist.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo mengatakan wabah virus corona memaksa masyarakat untuk beraktivitas di rumah. "Dengan kondisi ini, saatnya kita bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan ibadah di rumah," kata Jokowi di Istana Bogor, Minggu 15 Maret 2020.

Pemerintah menyatakan wabah virus corona sebagai bencana nasional dan menerapkan berbagai langkah untuk menekan persebarannya. Kegiatan belajar mengajar di sekolah dialihkan ke rumah, aparatur sipil negara juga diizinkan mengerjakan tugas dari rumah.

Jika kegiatan selama dua minggu ini dilaksanakan di rumah, Anda perlu tahu apa saja benda-benda di rumah yang wajib dibersihkan agar tidak menjadi sarang kuman, apalagi sampai mengundang virus. Mengutip laman Real Simple, sedikitnya ada 7 benda di rumah yang perlu dibersihkan.

Pembersihan tujuh benda berikut ini membuat orang tua dan anak lebih aman dan nyaman beraktivitas di rumah.

  1. Ponsel
    Anda rajin mencuci tangan tapi belum tentu rajin pula membersihkan ponsel. Padahal benda ini tak pernah jauh dari jangkuan. Sebuah yang dilakukan oleh University of Arizona pada 2012 menunjukkan ponsel memiliki lebih banyak kuman daripada dudukan toilet.

  2. Keyboard
    Bekerja dari rumah artinya Anda harus menyentuh perangkat komputer. Salah satu bagian tempat kuman bersembunyi adalah papan ketik atau keyboard. Benda ini penuh dengan celah dan sulit dibersihkan. Saat membersihkan, hati-hati jangan sampai cairan pembersih masuk ke bagian dalam keyboard.

  3. Gagang pintu dan sakelar lampu
    Gagang pintu dan sakelar lampu kerap disentuh setiap saat. Bersihkan dengan cara sederhana, yakni menggunakan kain lap dan air, jika perlu ditambah cairan pembersih.

  4. Meja dapur
    Di sinilah setiap makanan diolah sebelum disajikan. Tentu meja dapur harus tetap dijaga kebersihannya supaya bebas bakteri. Jangan lupa bersihkan bagian keran dan gagang dengan semprotan disinfektan.

  5. Boneka dan selimut
    Periksa label pada boneka apakah dapat dicuci dengan mesin atau dicuci manual. Begitu juga dengan selimut, seprai, sarung bantal dan guling, pastikan dicuci minimal seminggu sekali.

  6. Meja
    Meja untuk bekerja di rumah mesti rajin dibersihkan sebelum dan setelah digunakan. Terlebih Anda yang biasa bekerja dengan ditemani camilan, jangan sampai remah-remah makanan berserakan di meja kerja.

  7. Remote televisi
    Remote televisi bisa tergeletak di mana saja dan digenggam oleh siapa saja. Bersihkan remote televisi setiap hari agar tangan yang menyentuhnya terhindar dari kuman.

ALFI SALIMA PUTERI | REALSIMPLE

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."