Selain Minum Kopi, 6 Kebiasaan Ini Memicu Sulit Tidur

Ilustrasi tidur. Unsplash.com/Kinga Cichewicz

kesehatan

Selain Minum Kopi, 6 Kebiasaan Ini Memicu Sulit Tidur

Sabtu, 14 Maret 2020 21:55 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Beberapa orang mengalami gangguan tidur, meski menyelesaikan tugas atau pekerjaan lebih awal. Ternyata ada beberapa kebiasaan yang tanpa kita sadari menganggu kualitas tidur. Apa sajakah itu?

Berikut beberapa kebiasaan yang dapat mengganggu kualitas tidur dilansir dari laman Boldsky, Jumat, 13 Maret 2020

1. Makan malam terlambat

Jika Anda makan malam setelah jam 10 malam, itu akan mempengaruhi kualitas tidur Anda. Penting bagi Anda untuk berusaha agar tidak makan malam setelah jam 10 malam.

2. Tidur dengan perut kosong

Tidur dengan perut kosong atau perut kenyang sebelum tidur dapat mempengaruhi tidur Anda. Makan terlalu banyak saat makan malam juga tidak akan membuat Anda nyenyak. Tunggulah hingga dua atau tiga jam setelah makan malam untuk tidur.

3. Makan jeruk di malam hari

Jika Anda makan jeruk atau grapefruit di malam hari, itu bukan ide yang baik. Sebab buah jeruk dapat menyebabkan mulas dan akan membuat Anda gelisah saat tidur.

4. Minum Kopi

Minum kopi sebelum tidur dapat mempengaruhi tidur. Kandungan kafein dalam kopi bekerja sebagai stimulan yang meningkatkan kewaspadaan, yang dapat mengganggu tidur Anda. Jadi, alih-alih minum kopi, Anda bisa makan cokelat.

5. Bermain ponsel di tempat tidur

Cahaya yang keluar dari ponsel Anda mempengaruhi ritme sirkadian tubuh dan merangsang produksi hormon yang meningkatkan kewaspadaan. Hal itu menyebabkan hambatan dalam tidur.

6. Berolahraga sebelum tidur

Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga dapat membuat Anda langsung tertidur. Tetapi, jika Anda berolahraga sesaat sebelum tidur, itu akan memengaruhi tidur dan membuat Anda tidak nyenyak. Waktu terbaik untuk berolahraga adalah di pagi hari.

7. Mencuci wajah dengan air dingin

Mencuci wajah dengan air dingin sebelum tidur dapat mempengaruhi tubuh. Sebab air dingin merangsang tubuh melepaskan energi untuk membuat tetap terjaga. Jadi, basuhlah wajah dengan air hangat sebelum tidur.

Menurut National Institute For Health, gangguan tidur dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan fisik dan mental. Jadi, upayakan mencukupi kebutuhan tidur selama 7-8 jam dalam satu hari. Bila kebiasaan di atas sudah ditinggalkan dan belum ada perubahan pada kualitas tidur, berkonsultasilah kepada dokter.

MILA NOVITA