Ibu Hamil Boleh Makan Steak, Ini Tips dari Dokter Kandungan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi Steak Wagyu Sirloin, Willie Brothers Steakhouse. Tempo/Reza Maulana

Ilustrasi Steak Wagyu Sirloin, Willie Brothers Steakhouse. Tempo/Reza Maulana

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ibu hamil membutuhkan makanan bergizi untuk kesehatannya beserta janin di dalam kandungannya. Oleh karena itu, ibu hamil atau bumil harus memperhatikan setiap olahan makanan yang dikonsumsinya, termasuk saat menyantap steak.

Bagi bumil yang gemar menyantap daging steak kondisi setengah matang (medium), perlu diperhatikan saran dari dokter. Menurut dokter ahli kandungan Ivan Sini, bumil boleh makan steak dengan memperhatikan usia kandungan, sebab daging salah satu sumber zat besi yang dibutuhkan. 

"Idealnya, ibu hamil makan steak yang matang atau well done untuk tiga bulan pertama (masa kehamilan)," ucap Ivan dalam peluncuran menu Steak Karambia di restoran Cikang, Jakarta, Kamis, 12 Maret 2020.

Selain itu, ia mementingkan kebersihan dalam mengonsumsi makanan."Makan yang bersih untuk serendah mungkin risiko terjadinya infeksi saluran cerna," tutur Ivan yang juga ahli bayi tabung itu.

Soal kandungan gizi dalam ragam tingkatan kematangan steak seperti setengah matang (medium) dan matang (well done), menurutnya sama saja.

"Kalau bicara materi gizi sebenarnya enggak (beda) juga. Cuma memang ada orang yang enggak biasa untuk makan setengah matang (medium)," ujarnya.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."