Baju Kurung Iriana Jokowi saat Menyambut Raja dan Ratu Belanda

Presiden Jokowi (kiri) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Raja Belanda Willem Alexander beserta Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti berfoto di samping keris Pangeran Diponegoro di sela kunjungan kenegaraan di Istana Bogor, Selasa, 10 Maret 2020. Keris itu sendiri didapatkan Belanda saat menangkap Pahlawan Nasional tersebut pada 1830. ANTARA/Sigid Kurniawan

mode

Baju Kurung Iriana Jokowi saat Menyambut Raja dan Ratu Belanda

Selasa, 10 Maret 2020 21:30 WIB
Reporter : Eka Wahyu Pramita Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA. COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi menyambut kedatangan Raja Belanda Willem-Alexander beserta Ratu Maxima, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa 10 Maret 2020.

Melansir aku Instagram @sekretariat.kabinet, rangkaian kegiatan hari ini dimulai dengan upacara kenegaraan, berbincang di beranda Istana Kepresidenan Bogor, dilanjutkan penanaman pohon cendana di halaman Istana, lalu mengadakan pertemuan bilateral kedua negara dan keterangan pers bersama. Dilanjutkan dengan foto bersama.  

Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi serta Raja dan Ratu Belanda juga nampak berfoto di antara keris Pangeran Diponegoro yang telah diserahkan Belanda kepada Indonesia melalui Dubes Indonesia di Belanda pada tanggal 3 Maret 2020 silam.

Dalam berbagai acara penting kenegaraan, Ibu Negara Iriana Jokowi kerap mengenakan busana tradisional, termasuk baju kurung. Contohnya Iriana memakai baju kurung saat mendampingi Jokowi di momen pelantikan presiden dan wakil presiden 2019-2024 pada Ahad, 20 Oktober 2019 di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Senayan, Jakarta Selatan. 

Baju kurung yang dipakai Iriana Jokowi berwarna coklat susu. Selain memiliki detail kerah sabrina, baju kurung bahan silk organdi ini dihiasi detail bordir aneka bunga. Baju kurung sepanjang betis ini dipadukan dengan kain songket dan selendang warna senada. Di bagian ujung selendang Iriana tampak dihiasi renda ukuran besar.

Gaya rambut Iriana elegan seperti biasannya dengan dikonde rapi dan dihiasi jepit konde mutiara. Tak lupa, ia mengenakan anting mutiara kecil andalannya. Di pergelangan tangan kanannya tampak gelang berkilau melingkar dan cincin jari manis tangan kanannya.

Pulasan riasan Iriana simpel dengan pulasan lipstik magenta kesukaannya. Untuk melengkapi penampilannya, Iriana memilih selop pesta hak rendah warna hitam. Di bagian hak selop tersebut terdapat detail mutiara. 

Sementara itu, Presiden Jokowi tampak gagah dalam setelan blazer biru muda dilengkapi kemeja putih dan dasi merah. Tak lupa, ia menyematkan pin kenegaran di bagian kiri atas blazer-nya.

Tak kalah menawan, Ratu Maxima tampak classy dengan midi dress warna hijau alpukat dilapisi renda motif floral. Gaun cape koleksi Oscar de la Renta ini memiliki detail asimetris dengan bagian belakang lebih panjang dibanding sisi depan. 

Dalam balutan gaun menawan tersebut, Ratu Maxima menambahkan sentuhan belt vintage warna coklat karamel. Ia juga terlihat menggunakan headpiece dan sepatu warna senada belt. Clutch coklat juga tampak digenggamnya di beberapa kesempatan foto.

Untuk melengkapi penampilannya, ia mengenakan sejumlah perhiasan mulai dari anting panjang, kalung panjang disertai liontin, dan ragam gelang di kedua pergelangan tangannya. Aksesori jam tangan di pergelangan tangan kirinya.

Raja Belanda Willem-Alexandar berkarisma dalam setelan blazer biru tua kemeja putih, dan dasi merah motif bulat kecil warna putih. Ia mengenakan pocket square warna putih.

Di momen foto kedua kepala negara beserta istri tercinta, Sedah Mirah ikut berpose di tengah mereka. Cucu Iriana Jokowi ini tampak mengenakan kebaya kutu baru renda warna putih dipadu kain bermotif dan sepatu kets putih. Rambutnya dikuncir dua dan poni menutupi keningnya. Ratu Maxima tampak menyapa anak pertama Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution dengan senyum khasnya. 

Tubuh artikel diperbarui dengan menambahkan merek gaun Ratu Maxima pada Kamis, 12 Maret 2020 pukul 09.00