Kesha Ratuliu Operasi Tumor Payudara, Mona Ratuliu: Dia Berani

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Kesha Ratuliu bertunangan dengan Adhi Permana, Sabtu (9/11). Instagram/@kesharatuliu05

Kesha Ratuliu bertunangan dengan Adhi Permana, Sabtu (9/11). Instagram/@kesharatuliu05

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kesha Ratuliu pertama kali membagikan foto ultrasonografi atau USG tentang benjolan di payudara kanannya pada Insta Stories pada Ahad, 23 Februari 2020. Saat itu, ia belum memastikan apakah itu tumor atau kista di payudaranya. Selang enam hari kemudian, Kesha Ratuliu menjalani operasi pengangkatan tumor payudara pada Sabtu, 29 Februari 2020.

Sang tante yang juga presenter senior, Mona Ratuliu, membagikan kabar tersebut melalui unggahan Insta Stories. "Alhamdulillah lancar," tulis istri Indra Brasco tersebut.

Pada unggahannya tersebut, terlihat Kesha masih terbaring lemas di atas tempat tidur dengan alat-alat yang dipasang di tubuhnya usai operasi. Setelah sadar dan kondisinya semakin membaik Kesha membalas unggahan tantenya tersebut dengan mengucap syukur. "Alhamdulillah sudah selesai, terima kasih yang sudah doain aku," tulis Kesha.

Sebelumnya, Mona terlebih dulu mengumumkan proses operasi yang dijalani oleh Kesha akan dilakukan pukul 14.00 WIB. Tidak hanya Mona yang menemani Kesha, keluarga, sahabat, bahkan tunangannya, Adhi Permana Putra kompak mengantar Kesha sampai ke ruang operasi dan menunggu hingga keluar dari ruangan.

Mona mengatakan bahwa Kesha sempat takut dan menangis sebelum operasi. "Jam 2 hari ini si anak berani @kesharatuliu05 mau operasi tumor payudara nih. Lempeng tanpa drama padahal butuh mental banget buat ke dokter onkologi. Tapi sempet nangis juga karena takut sendirian di kamar operasi. Doain ya gaes," tulis Mona di Instagramnya pada Sabtu, 29 Februari 2020.

Banyak yang bertanya kepada Mona tindakan seperti apa yang harus dijalani Kesha sebelum diputuskan melakukan pengangkatan tumor di payudaranya.

Kesha Ratuliu mengunggah hasil USG benjolan di payudaranya di Instagram Story pada Ahad, 23 Februari 2020. (Instagram/@kesharatuliu05)

"Awalnya Kesha ngerasa ada benjolan di salah satu payudaranya. Terus ke dokter onkologi kira-kira sebesar 3 cm. Dicurigai tumor jinak," tulis Mona. Kemudian setelah diskusi dengan dokter diputuskan untuk mengangkat tumor yang bersarang di payudaranya. "Payudaranya masih utuh," tulis Mona.

Kesha Ratuliu harus menjalani operasi selama satu jam. "Jam 5 juga Kesha udah ketawa-ketawa lagi sambil syuting Nala dan Yanda TikTokan," tulis Mona. Perempuan 38 tahun yang tengah hamil anak keempat ini juga mengatakan bahwa tumor yang sebelumnya bersarang di payudara Kesha, kini sedang dianalisis di labolatorium untuk memastikan apakah tumornya jinak atau ganas.

Menurut laman Healthline, tumor bisa bisa jinak atau ganas. Tumor jinak cenderung menetap di satu tempat, sementara tumor ganas tumbuh dan dapat menyebabkan tumor baru yang berkembang di bagian lain dari tubuh Anda.

Tumor kadang-kadang dapat tumbuh cukup besar sehingga memberikan tekanan pada jaringan di sekitarnya. Tergantung di mana letak benjolan, Anda mungkin dapat mengalami gejala tambahan, seperti kesulitan bernapas, menggerakkan sendi, makan, atau mengendalikan kandung kemih jika tumor berada di rahim. 

Bila tumor jinak, maka terbentuk hanya di satu tempat tanpa menyebar ke jaringan di sekitarnya. Tapi ketika tumor itu ganas dan menjadi kanker, dia dapat menyebar ke jaringan terdekat. 

MARVELA | EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."