Chelsea Islan Terapkan Hitung Langkah, Cek 5 Manfaatnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Chelsea Islan saat ditemui dalam acara konferensi pers He for She di Jakarta, Rabu 26 Februari 2020. TEMPO/Eka Wahyu Pramita

Chelsea Islan saat ditemui dalam acara konferensi pers He for She di Jakarta, Rabu 26 Februari 2020. TEMPO/Eka Wahyu Pramita

IKLAN

CANTIKA.COM, JAKARTA - Tren gaya hidup sehat kian disadari berbagai kalangan, termasuk aktris Chelsea Islan. Ia menerapkan rutin berolahraga ke dalam agenda hariannya.

Sebagai salah satu duta wajah Rexona, ia pun giat menggaungkan pentingnya berolahraga ke generasi muda lewat He for She Run dan Rexona Gerak. Aplikasi gerak dari Rexona ini bertujuan untuk memberikan fasilitas agar turut berkontribusi dan aksi nyata bagi teman-teman disabilitas.

Dalam mendukung program tersebut perempuan kelahiran 2 Juni 1995 ini belakangan sedang rajin menghitung langkahnya setiap hari.

"Menggali potensi diri untuk lebih semangat lagi bergerak dan memberikan kebiasaan baik dalam keseharian. Dan tentunya juga membuat saya semakin sehat," ucap Chelsea dalam konferensi He for She di Jakarta, Rabu 26 Februari 2020.

Tak sekadar berjalan, menghitung langkah kaki memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Melansir dari laman HealthHub, Jumat 28 Februari 2020 aktivitas berjalan adalah titik awal yang baik bagi individu yang tidak banyak bergerak untuk meningkatkan aktivitas fisik secara bertahap. 

Berjalan kaki termasuk olahraga yang cocok bagi semua kelompok umur dan tingkat kebugaran, latihan ini juga nyaman dan mudah dilakukan semua orang. 

Berapa banyak langkah yang direkomendasikan setiap hari? Merujuk rekomendasi dari banyak pakar kesehatan sebanyak 10.000 langkah telah disarankan setiap hari. Sebuah studi pada menemukan bahwa setelah delapan bulan mencoba berjalan 10.000 langkah sehari, 67% partisipan melaporkan peningkatan kebugaran dan tingkat energi. Banyak juga yang kehilangan berat badan dan mengurangi tekanan darah mereka.

Di sisi lain, duduk terlalu lama bisa meningkatkan risiko kesehatan, termasuk diabetes tipe 2, kanker, dan penyakit jantung. Misalnya, duduk selama lebih dari delapan jam sehari dapat meningkatkan 90% risiko diabetes tipe 2.

Yuk, manfaatkan aplikasi aktivitas ponsel pintar, pelacak kebugaran atau pedometer untuk melacak berapa banyak langkah yang telah Anda ambil.

Berikut manfaat kesehatan saat Anda menghitung langkah setiap hari

1. Menurunkan berat badan 

Jalan cepat adalah cara berdampak rendah untuk menurunkan berat badan, mendapatkan indeks massa tubuh ideal, dan bisa mengurangi ukuran pinggang Anda.

2. Tingkatkan kualitas tidur

Aktif di siang hari akan membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari.

3. Kurangi risiko penyakit

Berjalan setiap hari bisa mengurangi risiko serangan jantung, stroke, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

4. Kurangi stres 

Berjalan bisa meningkatkan kualitas hidup bagi wanita paruh baya yang depresi jadi merasa lebih bersemangat dan lebih ramah setelah berjalan .

Studi lain menemukan bahwa berjalan-jalan selama jam makan siang dapat berdampak signifikan pada suasana hati Anda dan membantu mengurangi stres yang terkait dengan pekerjaan.

5. Perlambat penurunan mental

Orang tua yang berolahraga secara teratur mengalami tingkat penurunan mental yang lebih lambat. 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."