Ini Alasan Alexandra Gottardo Membiarkan Bulu Ketiak Tumbuh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Alexandra Gottardo. (instagram/@alexandra_gottardo)

Alexandra Gottardo. (instagram/@alexandra_gottardo)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kebanyakan perempuan memilih cukur bulu ketiak demi kebersihan, setelah itu alasan tampilan dan percaya diri. Namun, aktris Alexandra Gottardo punya pandangan berbeda. Ia mengaku tak mencukur bulu ketiak, di luar urusan pekerjaan. 

Hal tersebut terungkap pada siaran podcast Podkesmas bersama Imam Darto, Omesh, Surya Insomnia, dan Angga Nggok pada Senin, 24 Februari 2020. Saat dihubungi di siaran tersebut, perempuan yang disapa Alex ini mengatakan bahwa alasannya karena bulu ketiak merupakan hal natural yang ada di tubuh setiap orang.

“Aku growing armpit hair kalau nggak ada kebutuhan photoshoot untuk di-share, aku biarin aja. It’s natural human body,” ucap ia.

Alex sapaan akrabnya lalu menambahkan, di masa lalu, perempuan yang membiarkan bulu ketiaknya tumbuh dianggap seksi. Tapi kini orang melihat bulu ketiak pada perempuan merupakan hal yang aneh.

Bukan hanya ia sejumlah selebriti dunia seperti Madonna, Miley Cyrus, hingga Julia Roberts juga terlihat tidak mencukur, melakukan waxing atau laser pada ketiak mereka.  

Mau mencukur atau membiarkan bulu ketiak tumbuh sepenuhnya ada di tangan Anda. Tapi, ada banyak manfaat menumbuhkan bulu ketiak. Leigh Caruana, seorang ahli kecantikan yang juga salah satu pendiri klinik Breathe PDX di Portland, Oregon, menjelaskan empat manfaatnya.

1. Menghangatkan

Bulu ketiak diciptakan dengan sejumlah manfaat, salah satunya adalah menghangatkan. “Bulu tumbuh di ketiak kita untuk membantu menjaga panas tetap masuk, jadi jika Anda tinggal di daerah yang dingin atau berada di kutub, itu sangat baik,” tutur Caruana.

2. Mencegah gesekan

Bulu ketiak mencegah gesekan kulit-ke-kulit yang kadang-kadang bisa menyakitkan atau tidak nyaman dan bahkan dapat menyebabkan iritasi kulit. Bulu itu juga berfungsi sebagai pelindung untuk pembuluh darah yang melintasi ketiak Anda. Pada dasarnya, tubuh Anda tahu apa yang terjadi dan hanya berusaha melindungi Anda.

3. Tidak repot

Manfaat terbesar dari membiarkan bulu ketiak tumbuh adalah Anda jadi tidak harus berurusan dengan kerepotan mencukurnya setiap saat. Sama seperti bagian tubuh yang lain, Anda harus memastikan bahwa Anda meluangkan waktu untuk menjaga area itu tetap bersih dan terawat.

4. Menarik pasangan

Ada orang yang merasa bulu ketiak membuat orang terlihat lebih menarik. Ya, menurut Caruana, bulu ketiak berfungsi sebagai penyebar feromon atau aroma alami tubuh yang dapat membuat Anda lebih diinginkan di mata orang lain.

Tetapi bagaimana jika Anda ingin menyingkirkannya? Menumbuhkan rambut ketiak Anda memang memiliki beberapa kekurangan, seperti lebih sulit mengaplikasikan deodoran dan berurusan dengan bau yang berpotensi lebih kuat. Tapi, jika Anda ingin mencukur ketiak Anda, Caruana merekomendasikan waxing lebih baik dari metode hair removal lainnya.

Waxing membantu mencegah rambut tumbuh ke dalam dibandingkan dengan mencukur. Ini juga menipiskan rambut sehingga lebih halus dan lebih sedikit ketika tumbuh kembali,” jelas ia.

Anda juga hanya perlu waxing lagi sekitar enam minggu kemudian, dibandingkan dengan mencukur yang harus diulang setiap beberapa hari. 

Sekali lagi, membiarkan bulu ketiak tumbuh seperti Alexandra Gottardo atau mencukurnya, Anda yang berhak menentukan apa pun yang dilakukan pada tubuh sendiri. 

MILA NOVITA | YOUR TANGO | BUSTLE

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."