Menilik Kadar Gizi Cumi-cumi yang Baik untuk Jantung dan Tulang

Olahan cumi-cumi. Pixabay.com

kesehatan

Menilik Kadar Gizi Cumi-cumi yang Baik untuk Jantung dan Tulang

Kamis, 27 Februari 2020 11:50 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Kabar gembira bagi penggemar hidangan laut atau seafood, terutama cumi-cumi. Selain lezat disantap, cumi-cumi mengandung sejumlah gizi yang baik untuk tubuh.

Satu porsi cumi-cumi mentah sebanyak 85 gram mengandung kolesterol 198 mg, protein 13,2 gram, lemak tak jenuh tunggal 0,09 gram, lemak tak jenuh ganda 0,4 gram, dan lemak jenuh total 0,3 gram. Tak hanya itu, berbagai vitamin juga disimpannya antara lain vitamin B (B3, B6, B12), C, dan E serta beragam mineral seperti fosfor, magnesium, zinc, kalsium, dan zat besi.

Berkat kandungan gizi tersebut, cumi-cumi menyehatkan untuk tubuh, termasuk jantung dan tulang seperti ulasan berikut

1. Baik untuk kesehatan jantung

Sebanyak 85 gram cumi-cumi polos mengandung 209 mg kalium. Inilah yang mendasar manfaat cumi-cumi untuk kesehatan jantung. Kalium akan membantu dalam menjaga tekanan darah agar tidak terlalu tinggi. Seperti yang Anda mungkin tahu, tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat meningkatkan risiko terjadinya stroke maupun penyakit jantung.

Vitamin E yang tersimpan dalam cumi-cumi juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, vitmain ini mampu melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif, yang berkontribusi terhadap penyakit jantung. 

2. Menekan rasa lapar

Protein yang ada dalam cumi bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang menjaga pola makan. Protein dapat membuat Anda lebih kenyang tahan lama, sehingga membantu dalam menahan hasrat ngemil. 

Suatu studi menunjukkan bahwa pola makan tinggi protein untuk penurunan berat badan lebih manjur dalam menekan rasa lapar daripada pola makan yang tinggi karbohidrat. Lebih lanjut, menggabungkan olahraga dan menu makan kaya protein juga berpotensi menurunkan lebih banyak lemak tubuh pada perempuan pascamenopause.

3. Menguatkan tulang

Jika tak ingin terkena tulang keropos atau masalah tulang lainnya, coba sertakan cumi-cumi dalam menu makan Anda. Pasalnya, hewan berdaging putih ini mengandung kalsium, yang merupakan senyawa penting untuk membantu agar tulang tetap kuat dan sehat sampai usia tua. Tak hanya itu, kalsium juga berguna supaya saraf Anda bisa berfungsi dengan baik.

Jika Anda ingin memperoleh manfaat cumi-cumi, cara mengolahnya harus diperhatikan. Memanggang, menumis, dan mengukusnya tentu lebih baik daripada cumi yang digoreng.

Perhatikan tips berikut supaya manfaat cumi-cumi bisa Anda dapatkan secara optimal:

  • Masaklah cumi-cumi dengan api besar dan jangan terlalu lama. 
  • Sebisa mungkin, hindari mengonsumsi terlalu banyak cumi yang digoreng tepung alias calamari.
  • Jika ingin mengolahnya sendiri, Anda lebih baik memanggang atau memasaknya dengan teknik searing (dimasak dengan suhu yang tinggi). 
  • Untuk menambah cita rasa, Anda bisa melumuri cumi yang sudah dimasak dengan air lemon. 
  • Anda bisa membuat hidangan cumi renyah goreng digoreng. Gunakan tepung roti untuk melumuri potongan cumi, lalu pangganglah. Tepung roti akan memberikan tekstur renyah pada cumi-cumi.

SEHATQ