9 Manfaat Kurma Muda, Lancarkan Pencernaan dan Cegah Stroke

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Kurma Muda. Pixabay.com

Kurma Muda. Pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaKurma muda diyakini bisa mempercepat kehamilan dan melancarkan proses persalinan. Sebuah riset menyebut mengonsumsi kurma berwarna kuning ini saat usia kehamilan memasuki trimester ketiga dapat membantu melancarkan proses persalinan, sehingga meningkatkan peluang ibu bisa melahirkan secara normal.

Selain terkait kehamilan dan persalinan, kurma muda memiliki manfaat lain bagi tubuh yang tak kalah menyehatkan

1. Mengontrol gula darah

Kurma muda yang memiliki indeks glikemik rendah, bermanfaat untuk mengontrol gula darah dan mengurangi risiko diabetes. Kurma muda juga mengandung antioksidan flavonoid yang dapat mencegah risiko penyakit diabetes.

2. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan serat kurma muda yang begitu tinggi dapat dimanfaatkan sebagai makanan diet untuk membantu menurunkan berat badan. Selain itu, kurma muda juga memiliki kandungan kalori yang rendah, sebanyak 1 kg kurma hanya mengandung 142 kalori.

3. Melancarkan pencernaan

Selain baik untuk diet, kandungan serat kurma muda yang begitu tinggi juga efektif untuk memperlancar proses pencernaan.

4. Menjaga kesehatan mata

Tak hanya menjaga fungsi jantung, karotenoid dalam kurma muda juga berfungsi menjaga kesehatan mata dan mencegah risiko gangguan kesehatan mata, seperti degenerasi makula.

5. Mengatasi peradangan

Kurma muda juga mengandung asam fenolik yang berfungsi mengatasi berbagai penyakit akibat peradangan.

6. Mencegah stroke dan jantung

Selain itu, flavonoid dan asam fenolik dalam kurma muda juga berfungsi memperlancar peredaraan darah dan menurunkan kadar kolesterol penyebab berbagai penyakit seperti stroke dan jantung. Kurma muda juga mengandung karotenoid yang berfungsi untuk menjaga fungsi jantung.

7. Menjaga kesehatan otak

Kandungan antioksidan flavonoid dan senyawa antiradang dalam kurma muda dipercaya mampu mengatasi penyakit Alzheimer.

8. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan mineral dalam muda seperti fosfor, kalium, kalsium dan magnesium berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.

9. Mencegah kanker

Kandungan antioksidan flavonoid dan asam fenolik dalam kurma muda juga berfungsi melawan radikal bebas penyebab kanker.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."