Cara Rinni Wulandari Bisa Turunkan Berat Badan 22 kg usai Lahiran

Rinni Wulandari. Instagram.com/@rinni_w

kesehatan

Cara Rinni Wulandari Bisa Turunkan Berat Badan 22 kg usai Lahiran

Jumat, 21 Februari 2020 17:45 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sama seperti ibu hamil lainnya, Rinni Wulandari juga mengalami penambahan berat badan. Pemenang Indonesian Idol 2006 ini naik berat badannya 22 kilogram saat hamil. Usai melahirkan Nord Kiano Julia pada Februari 2018, ia telah berhasil menurunkan bobotnya kembali ke seperti dulu. 

Cara yang ditempuh istri Jevin Julian tak hanya mengatur pola makan, tapi juga memilih olahraga pilihanya, yaitu muay thai. "Waktu itu beberapa bulan lusai lahiran, berat badan aku bisa turun lagi ke awal," ucap Rinni saat kunjungan single terbaru Born Ready di Kantor Tempo, Kamis, 13 Februari 2020.

Hingga saat ini Rinni rutin menjalankan olahraga itu seminggu dua kali, jika tak banyak waktu ia mengupayakan seminggu sekali. "Aku lebih kerasa ke stamina, tidak gampang sakit. Sempat stop tapi jadinya malah batuk pilek. Jadi aku cocok sama olahraga ini karena bisa jaga daya tahan tubuhku," tambah ia.

Melansir laman Evolve, Kamis, 20 Februari 2020, muay thai adalah seni bela diri yang indah yang memanfaatkan harmonisasi tendangan, pukulan, lutut dan siku dengan fluiditas dan keanggunan.

Olahraga asal Thailand ini dikenal karena kekuatannya yang luar biasa, efisiensi maksimum, dan kesederhanaannya. Tidak mengherankan jika Muay Thai adalah salah satu seni bela diri yang paling kuat dan efektif di dunia.

Penyanyi Rinni Wulandari saat tampil di kantor Tempo, Jakarta, 13 Februari 2020. Single Born Ready menjadi menjadi curahan hatinya selama berada di dunia musik. TEMPO/Fajar Januarta

Berikut manfaat latihan Muay Thai bagi perempuan

1. Membakar hingga 1.000 kalori dalam satu jam

Tidak ada latihan tubuh yang lebih baik daripada muay thai, karena Anda akan menggunakan berbagai otot saat melakukan semua pukulan, tendangan, lutut dan siku. Jadi jika Anda ingin membentuk otot tanpa lemak, maka pertimbangkan latihan muay thai.

2. Meningkatkan produktivitas

Muay thai menanamkan disiplin, mengajarkan optimis, dan memungkinkan Anda untuk tampil baik dalam grup. Ini semua adalah sifat yang bagus untuk dibawa ke kantor atau ruang kelas karena itu akan meningkatkan produktivitas Anda.

3. Bangkitkan rasa percaya diri

Saat Anda latihan muay thai, Anda akan mendapatkan kepercayaan diri saat menguasai semua jenis teknik. Selain itu, Anda memiliki tubuh yang bagus dan kencang. Jadi, Anda akan bisa mengganti gaun longgar itu dengan pakaian yang membentuk tubuh favorit Anda.

4. Awet muda dan bahagia

Jika Anda ingin tetap muda, coba latihan muay thai. Seni bela diri telah terbukti secara ilmiah untuk membuat Anda awet muda. Terlebih lagi, muay thai menjadi cara yang bagus untuk menghilangkan stres setelah hari yang panjang, dan meningkatkan produksi endorfin tubuh Anda, sehingga Anda akan merasa baik setelah mengikuti pelajaran muay thai.

5. Menguatkan pikiran dan tubuh

Selain membawa Anda lebih dekat ke tubuh impian, muay thai juga menguatkan Anda secara fisik maupun mental. Lagi pula, tidak ada gunanya menyerah ketika Anda sudah bekerja sangat keras untuk sampai ke titik itu.

Jadi ketika Anda latihan muay thai, Anda tidak hanya akan mengembangkan kekuatan Anda secara keseluruhan, tetapi juga memperoleh semangat pejuang yang akan membantu Anda mengatasi kesulitan dalam hidup.

6. Belajar mencintai diri sendiri

Kadang-kadang kita semua bisa menjadi sedikit terlalu keras pada diri sendiri, terutama ketika gagal mencapai apa yang diinginkan. Apa pun itu, kita harus ingat bahwa sangat penting untuk bersikap baik kepada diri sendiri pada saat-saat seperti itu, sehingga kita dapat belajar dan tumbuh dari sana. Untungnya, Anda akan belajar melakukan ini saat melatih muay thai.

7. Membekali Anda dengan keterampilan bela diri

Karena teknik muay thai sederhana dan kuat, Anda dapat mempertahankan diri dalam situasi kehidupan nyata karena lebih mudah untuk menggunakan teknik langsung terutama ketika Anda berurusan dengan penyerang.

Selain itu, teknik ini efektif menyerang dari jarak dekat atau jauh. Itu berarti Anda dapat melindungi diri dari jarak berapa pun dan tentu saja, menjauh dari bahaya.

EKA WAHYU PRAMITA