Rinni Wulandari Merawat Wajah dengan 10 Langkah ala Wanita Korea

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Rinni Wulandari. Instagram.com/@rinni_w

Rinni Wulandari. Instagram.com/@rinni_w

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaRinni Wulandari mulai dikenal masyarakat saat menjadi juara 1 ajang pencarian bakat Indonesian Idol musim ke-4 pada 2006. Di pengujung 2007, perempuan kelahiran 28 April 1990 ini merilis album perdana bertajuk Aku Tetap Milikmu.

Rinni konsisten mengembangkan solo karier-nya dengan mengeluarkan deretan single termasuk Oh Baby yang pernah masuk di radar musik Jepang. Tak lama setelah itu Rinni terlibat proyek bareng Jevin Julian yang kemudian menjadi belahan jiwanya. Keduanya menikah pada 7 Mei 2017 dan telah dikaruniai satu putra Nord Kiano Julian yang berusia dua tahun.

Usai menikmati masa menjadi ibu baru, Rinni kembali merilis single terbaru yang bertajuk Born Ready di awal 2020. Disibukkan dengan rangkaian promo single, Rinni tetap memperhatikan kesehatan kulit wajahnya. Ia menjalani perawatan wajah ala wanita Korea agar kulitnya tetap sehat dan cerah. 

Menurut Rinni, perawatan ala perempuan Korea cocok untuk kulit wajahnya, terlebih dengan harganya juga terjangkau.

"Jadi memang sudah lama aku nggak pakai obat dokter, lagi suka pakai skincare Korea yang harga terjangkau tapi sebagus itu di aku hasilnya," ucap Rinni dalam kunjungannya ke kantor Tempo, Kamis, 13 Februari 2020.

Awalnya Rinni merasa ribet dan lelah karena harus menjalani 10 langkah setiap pagi dan malam. Namun, ia merasa perawatan kulit adalah investasi yang manfaatkan akan ia rasakan saat berusia 40 tahun. 

Tahapan perawatan kulit 10 langkah yang Rinni lakukan mulai dari cleansing balmfacial wash, toner, serum, essence hingga masker tidur. Ada kalanya ia bosan melakukan semua langkah tersebut dan hanya menjalankan sebagian. 

"Sebelum tidur, aku andalkan sleeping mask yang banyak airnya jadi bantu melembapkan kulit wajah selama aku tidur. Besok pagi, rasanya masih lembap meskipun tidur di ruang AC yang bikin kulit cepat kering," tukas Rinni.

Tak hanya Rinni, rutinitas perawatan kulit Korea telah banyak mencuri perhatian perempuan Indonesia. Anda ingin mencoba?

Penyanyi Rinni Wulandari saat tampil di kantor Tempo, Jakarta, 13 Februari 2020. Single Born Ready menjadi menjadi curahan hatinya selama berada di dunia musik. TEMPO/Fajar Januarta

Berikut 10 langkah seperti yang dilansir dari laman Cosmopolitan UK dan Daily Dot Senin, 17 Februari 2020

1. Double cleanser

Langkah pertama dari rutinitas perawatan kulit Korea adalah mencuci muka dua kali: sekali dengan minyak, sekali dengan pembersih berbusa. Mengapa? Karena setiap jenis pembersih mendapatkan jenis minyak yang berbeda dari wajah Anda. 

Pembersih kulit minyak sangat efektif terhadap kotoran berbasis minyak seperti SPF, sebum, dan polutan. 

2. Toner

Dalam rutinitas perawatan kulit Korea, toner berfungsi sebagai lapisan tipis yang menjaga kelembapan, mengatur pH, melembutkan kulit Anda, dan mempersiapkannya untuk langkah-langkah selanjutnya.

Toner Korea hadir dalam banyak jenis, dari tipis hingga kental. Anda juga dapat memakai produk dengan bahan aktif seperti AHA dan BHA jika ingin hasil yang lebih intens melawan penuaan, jerawat, dan garis-garis halus. 

3. Essence

Essence adalah campuran antara toner dan serum. Essence bekerja sempurna untuk menghidrasi kulit dan membantu pergantian sel untuk penampilan yang muda.

4. Ampul

Mirip dengan serum, ampul sebenarnya terdiri dari jumlah bahan aktif yang bahkan lebih tinggi untuk menargetkan masalah perawatan kulit tertentu. Ampul digunakan untuk jangka waktu terbatas sebagai penguat ketika kulit Anda sangat membutuhkan bantuan ekstra.

5. Serum

Formula terkonsentrasi dengan jumlah bahan aktif yang berfungsi membantu masalah kulit tertentu seperti keriput, bintik hitam, dan dehidrasi.

6. Sheet mask

Lembaran sheet mask yang berfungsi melembapkan dan mengencangkan kulit wajah Anda.

7. Eye cream

Krim mata dirancang khusus untuk melembapkan kulit ultra tipis di sekitar mata Anda di mana garis-garis halus mulai muncul.  

8.  Pelembap

Pelembap Korea memiliki beragam tekstur dan ketebalan yang berfungsi untuk menutup semua lapisan sebelum Anda menggunakan tabir surya.

9. Tabir surya

Fungsi tabir surya adalah melindungi kulit wajah dari sinar ultraviolet atau UV yang berasal dari matahari dan bisa mencegah iritasi dan dark spot pada kulit.

10. Masker tidur atau sleeping mask

Selain sheet mask, tahapan masker lainnya ialah sleeping mask yang bisa Anda pakai sebelum tidur. Fungsinya menjaga kelembapan kulit wajah selama Anda tidur agar pagi hari tidak kering karena paparan pendingin ruangan.

EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."