3 Asupan Ini Bantu Tingkatkan Vitamin A pada Anak

Ilustrasi anak dan kacamata/masalah penglihatan. Pexels.com

kesehatan

3 Asupan Ini Bantu Tingkatkan Vitamin A pada Anak

Kamis, 20 Februari 2020 22:05 WIB
Reporter : Eka Wahyu Pramita Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Usia anak-anak dengan banyak aktivitas metabolisme perlu didorong dengan gizi yang tepat. Vitamin A salah satu unsur gizi yang mereka butuhkan. Manfaat vitamin A sangat luar biasa karena mempengaruhi tumbuh kembang anak.

Melansir laman Firstcry, Rabu, 18 Februari 2020 manfaat vitamin A di antaranya meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh anak yang sedang berkembang, membantu pertumbuhan berbagai membran dan jaringan dalam tubuh dan menjaganya agar tetap sehat, mempromosikan penglihatan yang tajam dan visi yang kuat dengan memainkan peran penting dalam pertumbuhan retina (vitamin A dikenal sebagai retinol).

Selain itu, vitamin A dengan cepat memperbaiki proses di dalam tubuh dan di luar juga membantu regenerasi jaringan dan penyembuhan luka secara aktif. Ikut pula mempengaruhi pertumbuhan tulang, gigi, dan berbagai jaringan, untuk memastikan perkembangan fisik dan struktural yang tepat.

Kekurangan vitamin A meningkatkan risiko anak menjadi rentan terkena penyakit infeksi seperti infeksi saluran pernapasan atas, campak, dan diare.

Berikut jenis makanan yang mengandung vitamin A 

1. Wortel

Wortel kaya kandungan vitamin A. Beta-karoten adalah zat yang disebut sebagai prekursor untuk retinol. 

2. Sayuran berdaun hijau

Sebagian besar sayuran yang memiliki warna hijau gelap atau bahkan berwarna merah tua atau oranye biasanya merupakan sumber vitamin A. Itulah sebabnya bayam sangat dianjurkan untuk anak-anak.

3. Susu

Biasakan anak-anak minum susu setiap hari karena memiliki banyak vitamin A. Makanan berbasis susu lainnya seperti keju, atau bahkan telur juga merupakan sumber yang sama.

Untuk non-vegetarian bisa memilih berbagai produk daging, ikan, dan minyak ikan kod membawa vitamin A ke tubuh mereka. Namun, jumlah konsumsi ini harus dijaga tetap terbatas.

Pada Februari dan Agustus dilakukan pembagian suplementasi vitamin A kapsul biru (dosis 100.000 IU) untuk bayi umur 6-11 bulan dan kapsul merah (dosis 200.000 IU) untuk anak umur 12-59 bulan. Vitamin A kapsul merah juga diberikan kepada ibu yang dalam masa nifas.

Kapsul vitamin A bisa Anda peroleh di sarana fasilitas kesehatan (rumah sakit, puskesmas, pustu, poskesdes/polindes, balai pengobatan, praktik dokter, bidan praktek swasta) atau Posyandu secara gratis.