Jangan Asal Pakai, Simak Langkah Membersihkan Wajah yang Tepat

Ilustrasi cuci muka. Shutterstock

kecantikan

Jangan Asal Pakai, Simak Langkah Membersihkan Wajah yang Tepat

Rabu, 19 Februari 2020 08:10 WIB
Reporter : Eka Wahyu Pramita Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JAKARTA - Proses membersihkan wajah dengan benar merupakan kunci tampilan kulit sehat. Oleh karena itu, penting untuk melakukannya sesuai kulit wajah diikuti langkah yang tepat.

Menurut Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, Eddy Karta mengatakan hal utama yang perlu diperhatikan dari proses membersihkan wajah adalah menjaga kelembapan kulit.

Dokter Eddy mengatakan jika kulit wajah terasa tegang seperti ditarik, kaku, dan kesat usai cuci muka, tandanya produk tersebut hanya membersihkan, tetapi tidak mengembalikan kelembapan kulit. Bila produk itu digunakan dalam jangka waktu panjang, kulit menjadi kering dan iritasi.

"Sebaiknya pakai pembersih wajah jenis facial foam yang mampu menyerap kelebihan minyak dan sebum secara menyeluruh serta mampu menarik keluar kotoran dan sel kulit mati yang terjebak di dalam pori-pori jika dibandingkan dengan produk gentle wash," ucap dokter Eddy usai ditemui di acara peluncuran Senka Perfect Whip di Jakarta, Selasa 18 Februari 2020.

Banyak pula yang mengategorikan produk facial foam untuk tipe kulit berminyak. "Padahal minyak di wajah bukan hanya dimiliki oleh tipe wajah berminyak, namun juga bisa terjadi pada semua jenis kulit karena faktor dehidrasi, udara kering, dan paparan AC,” papar dokter Eddy.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, Eddy Karta ditemui usai acara peluncuran Senka Perfect Whip di Jakarta, Selasa 18 Februari 2020. TEMPO/Eka Wahyu Pramita

Agar Anda membersihkan wajah dengan cara yang tepat, berikut saran Dokter Eddy

1. Perhatikan gerakan tangan saat membersihkan

Menurut Eddy, terapkan gerakan tangan memutar ke arah atas saat membersihkan wajah. Searah jarum jam atau tidak tidak masalah yang penting mengarah ke atas. Pastikan juga tidak berlama-lama di satu titik tertentu karena rentan muncul iritasi. "Terlalu ditekan di satu titik wajah bikin komedo semakin masuk ke dalam," ucapnya.

2. Bersihkan area mata dengan jari manis

Bagian area mata berbeda dengan pipi, menurut Eddy butuh treatment khusus saat mengaplikasikan produk pembersih, yakni jangan terlalu ditekan dan sebaiknya pakai jari manis.

Kadang cuci muka atau saat mengaplikasikan make up remover untuk mata seringnya ditarik ke atas, sehingga kulit area mata kita tipis. Efeknya kulit semakin kendur. "Maka lakukan dengan gerakan memutari area mata dan tidak terlalu kuat tekanannya," saran Eddy.

3. Pakai pembersih sesuai kebutuhan wajah

Kebutuhan perempuan membersihkan wajahnya berbeda-beda. Ada yang cukup menggunakan produk gentle, sementara yang lain mesti deep cleansing dengan beberapa kali pemakaian.

Menurut Eddy kita perlu memperhatikan tekstur bahannya. Penting pula mengingat jangan menekan berkali-kali di satu titik yang akan menyebabkan iritasi.

4. Rutin membersihkan wajah

Rutinlah menggunakan pembersih wajah sesuai kulit diikuti langkah yang tepat. Boleh digunakan dua kali dalam sehari, pagi dan malam. Namun bagi produk yang mengandung bahan aktif sebaiknya cukup 2-3 kali seminggu agar kulit tidak mengalami pengelupasan.