Curiga Suami Berbohong, Perhatikan Nada Bicara dan Mimik Wajahnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan bermasalah/bertengkar. Shutterstock.com

Ilustrasi pasangan bermasalah/bertengkar. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bila suami terlalu melindungi ponselnya di rumah ataupun beralasan pulang telat karena ada meeting berulang kali ditambah nada yang aneh, Anda patut curiga. Tidak ada salahnya jika Anda mencari tahu kebenarannya pada suami. Sebab, hal tersebut bisa jadi salah satu ciri-ciri suami berbohong.

Rasa percaya dalam rumah tangga itu penting. Namun sebagai istri perlu mengenali ciri-ciri suami berbohong. Sebenarnya, jika suami Anda temasuk pembohong yang buruk, tidak sulit untuk melihat keanehan di dalam sikap dan kata-katanya. Namun bagaimana halnya jika sang pria adalah pembohong ulung? Orang seperti ini, biasanya merasa lebih cerdik dalam hal mengelabui orang lain, termasuk istrinya.

Berikut beberapa ciri suami berbohong yang patut dicurigai

1. Nada bicara yang berbeda dari biasanya

Orang yang sedang berbohong, biasanya bicaranya terbata-bata dan nadanya pun cenderung lebih tinggi dari biasanya. Kata-kata yang diucapkan pun biasanya tidak jelas.

Masih berhubungan dengan cara bicara, suami yang berbohong biasanya secara tidak sadar menekan suaranya atau bahkan sedikit menutup mulutnya. Anda bisa mengenali bahwa ada ketidakcocokan antara nada bicara dan ekspresi wajahnya.

2. Sering menghindar

Tidak semua orang pintar berbohong. Jadi sebelum mengemukakan kebohongan, banyak dari mereka berusaha menghindar dari pertanyaan atau situasi yang membuat mereka terpojok sehingga harus menjelaskan kebenaran dari suatu kejadian. Herannya, banyak orang berpikir bahwa hal ini lebih baik daripada berbohong. Padahal menghindar juga bisa membuat pasangan kecewa.

Jika suami adalah tipe yang sering menceritakan kesehariannya di kantor, Anda perlu sedikit curiga jika tiba-tiba kebiasaan tersebut berubah. Apalagi, saat Anda bertanya mengenai keanehan ini, dan ia semakin menghindar dan hanya menjawab singkat dengan “tidak”.

3. Gerak-gerik yang aneh

Baik pembohong ulung ataupun amatir, tubuh seolah tidak bisa diajak kompromi untuk menutupi kebiasaan buruk ini. Sebab tanpa disadari, orang yang sedang berbohong biasanya akan terlihat aneh gerak-geriknya. Ibaratnya, perkataan yang disampaikan tidak matching dengan gerakan tubuhnya.

Mungkin kata-kata yang disampaikan suami terdengar meyakinkan. Namun gerak geriknya mengatakan sebaliknya. Belum lagi, jika saat berbicara, suami seolah ragu untuk melihat mata Anda, lebih sering berkedip, dan pupil atau bagian hitam di mata, terlihat melebar.

Selain ketiga ciri utama di atas, masih banyak ciri-ciri suami bohong lain yang bisa dikenali, seperti:

- Berbicara sambil terlihat memegang dagu atau menggaruk alis.

- Melipat tangan atau kaki.

- Sambil memainkan rambut.

- Terlalu sering mengucapkan kata “tidak”.

- Terus-menerus mengelak dari pertanyaan Anda.

- Membela diri secara berlebihan.

- Menceritakan detail kejadian secara berlebihan tanpa diminta.

- Tidak konsisten dengan yang disampaikan.

- Menempatkan pembatas seperti kursi atau meja di antara Anda dan ia.

- Terlihat terlalu tenang sehingga terlihat aneh.

- Tidak mau menyentuh Anda saat berbicara.

- Terlihat ragu atau takut menyampaikan sesuatu.

- Sering berhenti bicara di tengah-tengah kalimat, banyak mengucap kata, “Hmmm”.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."