10 Cara Mengetahui Orang Sedang Berbohong, Bukan dari Matanya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi berbohong. Shutterstock

Ilustrasi berbohong. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kamu pernah sakit hati dengan teman, pasangan atau rekan kerja yang berkata bohong? Terkadang, saat kebohongan terus-menerus terdengar, ingin rasanya punya kemampuan untuk membaca isi pikiran dan hati para pembohong.

Namun sayangnya, kemampuan itu sulit didapatkan. Saat ini, hal yang paling mungkin dilakukan adalah dengan mengenali ciri-ciri orang jujur dan cara membedakannya dari para pembohong.

Bagi Anda yang sudah lelah dibohongi, mulai siapkan diri untuk terhindar dari perkataan-perkataan manis yang mungkin tidak bisa dibuktikan kebenarannya. Sebab, kita mungkin akan sulit untuk mengubah karakter seorang pembohong untuk menjadi jujur.

Namun, kita bisa belajar untuk menghindari ucapan-ucapan bohong yang terus dilontarkan lawan bicara. Jangan sampai Anda tertipu lagi.

Sebenarnya ada beberapa ciri khas orang yang suka berbohong, berikut di antaranya

1. Bicaranya tidak jelas dan tidak rinci

2. Mengulang pertanyaan yang Anda berikan sebelum menjawabnya

3. Bicara terputus-putus dan kalimatnya tidak padu

4. Tidak bisa memberikan detail pada peristiwa yang diceritakan

5. Melakukan grooming behaviour, seperti memainkan rambut dan menaruh jari di bibir

6. Tidak yakin akan topik yang diceritakannya

7. Merasa terganggu saat ada orang yang menanyakan kebenarannya

8. Bercerita tanpa ekspresi

9. Postur tubuh terlihat seperti orang bosan, karena tidak ingin ditanya lebih jauh

10. Berpikir terlalu keras untuk menyampaikan detail cerita

Meski banyak orang menilai bahwa mata bisa menjadi tolok ukur utama dalam mengetahui kebohongan, tapi nyatanya, ada seorang peneliti yang mengemukakan bahwa hal tersebut tidaklah tepat.

Mata yang tidak fokus saat bercerita, bisa menjadi tanda bahwa orang tersebut sedang mencoba mengakses memori yang sudah tersimpan cukup jauh.

Memang tidak mudah mengenali ciri-ciri orang jujur. Namun, hal ini berguna untuk dipelajari. Siapa yang tahu, jika suatu saat nanti Anda dihadapkan pada kebohongan yang berpotensi merugikan? Sehingga, tidak ada salahnya menjadi lebih waspada.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."