Pakaian Merek Jepang Ini Diklaim Mampu Tangkal 90 Persen Sinar UV

Uniqlo merilis koleksi produk UV Protection yang diklaim dapat melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. (Dok.Uniqlo)

mode

Pakaian Merek Jepang Ini Diklaim Mampu Tangkal 90 Persen Sinar UV

Rabu, 12 Februari 2020 16:10 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat beraktivitas di luar ruangan, kita tak boleh luput mengaplikasikan tabir surya di wajah untuk proteksi dari efek buruk paparan sinar matahari. Sebab, sinar UV atau UltraViolet dari matahari bisa memicu berbagai masalah pada kulit, seperti kulit gelap hingga ruam di wajah.

Seiring berkembangnya teknologi, dunia mode pun ikut menawarkan pakaian dengan perlindungan UV atau UPF. Berbeda dengan pakaian biasa yang memiliki tenunan longgar sehingga bisa ditembus sinar matahari, pakaian dengan UPF dibuat dari kain khusus dengan tenunan rapat agar bisa menghalau sinar.

Salah satu brand yang menyediakan pakaian dengan perlindungan UV adalah Uniqlo. Reitail asal Jepang ini menawarkan produk dengan UPF2 15-40 yang diklaim mampu melindungi kulit dengan menangkal 90 persen sinar UV.

Hannah Al Rashid, salah satu pengguna pakaian dengan UV protection mengatakan kini tak lagi takut beraktivitas di luar ruangan. Mengingat ia sering menggunakan transportasi umum, termasuk ojek, untuk aktivitasnya sehari-hari.

Selain Hannah, Puteri Indonesia 2011 Maria Selena dan aktris Shareefa Danish juga mengenakan produk yang sama karena pertimbangan kenyamanan.

Presiden Direktur PT Fast Retailing Indonesia, Naoki Kamogawa, mengatakan produk yang dijual dengan harga antara Rp199.000 - Rp699.000 ini memiliki dua komponen UV protection yang diklaim bisa melindungi kulit dari bahaya sinar UV selama beraktivitas.

“Kami menambahkan dua komponen yaitu UV blocking dan fitur reflektif pada serat pakaian yang mampu menangkal 90 persen sinar UV," tulis ia dalam keterangan pers yang diterima Tempo.co, pada Selasa, 11 Februari 2020.