Cut Meyriska Hamil 8 Minggu, Berikut 7 Makanan yang Dianjurkan di Trimester Pertama

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Roger Danuarta dan Cut Meyriska. Instagram.com/@cutratumeyriska

Roger Danuarta dan Cut Meyriska. Instagram.com/@cutratumeyriska

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kabar bahagia tengah menyelimuti Cut Meyriska dan Roger Danuarta. Memasuki enam bulan pernikahannya, Cut Meyriska berbagi kabar kehamilan.

Chika, sapaan Cut Meyriska, membagi kisah kehamilannya melalui tayangan di channel YouTube mereka pada Jumat, 1 Februari 2020. Dalam tayangan itu Chika dan Roger bertukar kado. Chika membuat Roger terkejut dan berlinang air mata setelah membuka kado yang berisi beberapa lembar foto Ultrasonography atau USG rahimnya.

“Kamu hamil? Kamu hamil beneran? Terima kasih ya Allah. Aku senang banget,” tutur Roger Danuarta sambil tertawa dan memeluk sang istri.

Chika lalu menjelaskan bahwa foto USG tersebut memperlihatkan calon bayi mereka yang baru berusia 8 minggu. “Kalau kata dokter ini 7 mau jalan 8 minggu. Jadi masih kecil banget,” papar Chika yang mengaku baru dua hari lalu mengetahui kehamilannya.

Di usia kehamilan 8 minggu seperti Chika, ada baiknya untuk memperhatikan asupan gizi demi perkembangan janin, selain mengurangi aktivitas padat dan berat. Sebab pola makan yang tidak sehat pada ibu hamil dapat menganggu pertumbuhan bayi. Selain itu, kebiasaan buruk tersebut bisa meningkatkan risiko terkena diabetes gestasional, komplikasi kehamilan dan persalinan. Lalu, apa saja yang disarankan untuk dikonsumsi di awal kehamilan?

Berikut sejumlah makanan yang dianjurkan dikonsumsi di trimester pertama kehamilan

1. Sayur

Anda disarankan untuk mengonsumsi sayur sebanyak tiga hingga lima porsi per harinya. Untuk mendapatkan gizi terbaik, buatlah piring Anda berwarna dengan sayuran.

Pilih sayuran berwarna hijau gelap seperti brokoli, kangkung, atau bayam. Tambahan lainnya, sayuran oranye seperti wortel atau labu juga bisa Anda konsumsi. Warna kuning bisa Anda dapatkan dari jagung atau paprika, dan merah dari tomat.

2. Buah

Konsumsilah buah tiga hingga empat porsi per harinya. Lebih baik, pilih buah segar disertai satu jenis buah yang asam, seperti jeruk, karena kaya akan vitamin C.

Anda juga disarankan untuk membatasi konsumsi jus buah. Paling banyak, minumlah satu gelas per hari. Sebab, jus mengandung lebih banyak kalori dibanding buah segar. Selain itu, kandungan serat dalam jus buah juga tidak sebanyak buah segar.

3. Kacang-kacangan

Mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang kedelai, buncis, dan kacang polong, dapat membantu memenuhi kebutuhan serat, protein, zat besi, folat, hingga kalsium. Asupan folat sangatlah penting bagi trimester pertama kehamilan.

4. Daging

Daging merupakan sumber protein yang sangat baik bagi janin. Pilihlah daging yang mengandung sedikit lemak seperti ayam, ikan, dan daging sapi tanpa lemak, yang baik untuk tubuh Anda.

5. Telur

Selain protein, telur juga mengandung vitamin A, folat, dan zat besi. Anda dapat mengonsumsi telur rebus dan menyimpannya hingga dua atau tiga hari di kulkas. Selain bergizi, makanan ini juga praktis untuk dibuat.

6. Produk susu

Tiga porsi produk susu per harinya dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium yang diperlukan, agar tulang bayi kuat. Anda dapat mengonsumsi susu, lemak, dan yogurt rendah lemak, untuk mendapatkan manfaat ini.

7. Gandum utuh

Gandum utuh bisa Anda dapatkan dari sereal, roti gandum, biskuit, maupun pasta gandum. Gandum utuh baik untuk kesehatan pencernaan Anda selama kehamilan, sehingga mengurangi risiko terjadinya konstipasi dan hemoroid.

MILA NOVITA | SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."