Cara Meracik Thai Tea yang Lebih Sehat, Begini Resepnya

Ilustrasi Thai Tea. Unsplash.com/Tomas Jasovsky

kuliner

Cara Meracik Thai Tea yang Lebih Sehat, Begini Resepnya

Minggu, 2 Februari 2020 07:00 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Thai tea alias teh tarik yang berasal dari Thailand termasuk minuman yang digemari di Indonesia. Penjual minuman dingin thai tea ini semakin menjamur di berbagai daerah. Akan tetapi, Anda perlu memperhatikan kandungan gizi yang di dalamnya agar tidak menganggu kesehatan. 

Dengan membuat makanan atau minuman yang dibuat sendiri tentu lebih menyehatkan untuk tubuh. Selain dapat mengetahui dengan jelas bahan-bahan yang digunakan, Anda pun bisa menakar sendiri bahan-bahan tersebut, terutama takaran gula agar tidak terlalu manis dan kadar gula darah tetap terkontrol.

Secara umum, jumlah asupan gula tambahan yang aman adalah 9 sendok teh (36 gram atau setara 150 kalori) per hari bagi pria dan 6 sendok teh (25 gram atau setara 100 kalori) per hari bagi wanita. Sementara segelas thai tea (473 ml) yang bukan buatan sendiri, rata-rata mengandung 38 gram pemanis buatan atau sudah melewati ambang rekomendasi aman konsumsi gula.

Cara membuat thai tea yang lebih sehat

Resep thai tea tidak membutuhkan bahan-bahan yang rumit, cara membuat thai tea yang sehat pun sangat sederhana. Berikut beberapa langkah meracik thai tea sendiri yang dapat Anda lakukan.

Bahan-bahan:

- Air putih

- Teh hitam

- Susu evaporasi

- Susu kental manis

- Gula pasir

Cara membuat thai tea

1. Masak air hingga mendidih, lalu masukkan teh hitam.

2. Biarkan selama 5-10 menit hingga air panas berubah warna menjadi kehitaman.

3. Matikan kompor dan saring daun teh hitam.

4. Tambahkan gula pasir, susu kental manis, dan susu evaporasi.

5. Masak kembali hingga muncul buih-buih kecil yang menandakan air sudah matang.

Anda juga dapat menambahkan bahan lain untuk menambah rasanya, seperti bubuk green tea maupun cokelat hitam. Bisa pula melengkapi thai tea dengan boba atau agar-agar. Tapi penambahan bahan tersebut akan menambah kandungan gula dan kalori di dalam thai tea homemade Anda hingga dua kali lipatnya.

Sementara bagi Anda yang alergi susu sapi, penggunaan susu kental manis pada resep thai tea di atas dapat diganti dengan santan. Susu kental manis juga bisa dikurangi bila Anda tidak ingin rasa thai tea yang terlalu manis.

SEHATQ