4 Manfaat Minum Susu Tertentu Sebelum Tidur, Bisa Atasi Insomnia

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita minum susu. iss.it

Ilustrasi wanita minum susu. iss.it

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Beberapa orang memiliki rutinitas minum susu berbeda. Ada yang terbiasa minum susu sebelum tidur, atau justru memilih di pagi hari? Mana yang lebih baik? Rupanya, minum susu sebelum tidur bisa jadi pilihan tepat terutama bagi yang selama ini susah tidur. 

Susu dan produk olahan susu lainnya mengandung asam amino triptofan yang dapat membantu seseorang tidur lebih nyenyak. Tak hanya itu, ada beberapa kandungan dalam susu yang membuatnya menjadi pilihan banyak orang sebelum tidur.

Tak hanya asam amino triptofan saja yang dapat membuat seseorang tidur lebih nyenyak, namun ada kandungan lain dalam susu yang juga berfungsi sama. Susu mengandung hormon melatonin yang dapat mengatur siklus tidur dan terjaga dengan lebih teratur.

Namun sebenarnya, National Sleep Foundation mencatat satu hal lagi yang membuat segelas susu hangat identik dengan tidur lelap: memori menyenangkan dari masa kecil. Mungkin ada yang terbiasa ditemani segelas susu hangat buatan orang tua sebelum tidur.

Sama seperti secangkir teh hangat, segelas susu hangat berpengaruh membuat pikiran semakin rileks jelang tidur. Mempertimbangkan perspektif ini, artinya belum ada pembuktian secara ilmiah bahwa minum susu sebelum tidur memang membuat kualitas tidur meningkat.

Meski belum terbukti secara ilmiah, masih banyak orang meyakini bahwa minum susu sebelum tidur adalah sesuatu yang membuat rileks dan nyaman.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."