Boleh Pakai Makeup saat Hamil, Asalkan Tak Mengandung 5 Bahan Ini

Ilustrasi ibu hamil berpikir. shutterstock.com

kecantikan

Boleh Pakai Makeup saat Hamil, Asalkan Tak Mengandung 5 Bahan Ini

Kamis, 30 Januari 2020 19:20 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada sejumlah wanita yang rajin berdandan saat hamil. Ada yang bilang karena bawaan si jabang bayi ataupun memperkuat kepercayaan diri saat berbadan dua. Boleh-boleh saja Anda memulas riasan di wajah, asalkan detail melihat kandungan di dalam produk makeup.

Jika sebelum hamil, Anda bisa bebas menggunakan produk perawatan dengan bahan apa saja, mungkin kini batasannya lebih banyak. Belum lagi produk perawatan dari dokter kulit yang belum tentu aman bagi janin. Apa pun yang diaplikasikan pada kulit bisa masuk ke dalam aliran darah dan berdampak bagi janin. Bahkan produk yang mengklaim natural sekalipun harus dibedah lebih lanjut apa saja kandungannya.

Berikut beberapa kandungan produk perawatan wajah yang sebaiknya dihindari bagi ibu hamil

1. Retinol

Kandungan produk perawatan yang mengandung retinol atau retin-A atau retinyl palmitate sebaiknya dihindari selama hamil. Memang vitamin A penting untuk perkembangan janin dalam kandungan, namun pada dosis tertentu dapat menyebabkan cacat lahir hingga keracunan hati.

2. Salicylic acid

Kandungan lain yang juga berbahaya adalah salicylic acid, biasanya ada pada produk cleansers. Sebaiknya saat hamil, cari pembersih yang benar-benar murni dan mengandung bahan aman. Jenis bahan asam yang aman adalah glycolic acidlactic acid, dan mandelic acid.

3. Benzoyl peroxide

Anda perlu waspada karena perawatan wajah untuk ibu hamil maupun produk anti-jerawat di pasaran kerap mengandung benzoil peroxide. Artinya, ada kemungkinan berdampak pada janin dan sebagian besar dokter kandungan akan melarang jenis kandungan ini selama hamil. 

4. Essential oils

Perlu bijak juga menggunakan essential oils karena tidak jelas berapa banyak tubuh akan menyerap essential oils ketika digunakan. Contohnya, tea tree oil bisa jadi beracun apabila tertelan. Atau rosemary oil yang bisa meningkatkan tekanan darah dan memicu kontraksi janin. Untuk itu, konsultasikan pada dokter kandungan Anda sebelum menggunakannya.

5. Hydroquinone

Biasanya, hydroquinone termasuk dalam kandungan produk perawatan yang bisa mencerahkan kulit. Mungkin bagi ibu hamil yang mengalami kulit lebih kusam atau dark spots, sangat menggiurkan untuk menggunakannya. Namun ingat bahwa hydroquinone juga bisa berbahaya bagi janin.

SEHATQ