3 Manfaat Kantong Teh Bekas, Atasi Peradangan dan Ruam di Wajah

Ilustrasi kantong teh. (Pixabay/Congerdesign)

kecantikan

3 Manfaat Kantong Teh Bekas, Atasi Peradangan dan Ruam di Wajah

Minggu, 26 Januari 2020 19:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Kebanyakan orang Indonesia gemar minum teh. Minuman ini bisa dikonsumsi setiap waktu, pagi hingga atau malam, dalam suasana santai maupun formal. Teh sebenarnya memiliki manfaat bagi kesehatan. Sejumlah penelitian mengemukakan bahwa kandungan antioksidan dan polifenol di dalam teh dapat mengurangi risiko berbagai macam penyakit. Mulai dari tekanan darah tinggi, penyakit hati (lever), serangan jantung, stroke, diabetes, hingga kanker.

Selain kesehatan, teh juga bisa bermanfaat untuk merawat kecantikan, khususnya kantong teh bekas. Di antaranya menghilangkan kantong mata hingga menenangkan kulit.

Berikut sejumlah manfaat kantong teh bekas seperti dikutip dari laman Be Beautiful dan Pink Villa

1. Atasi lingkaran hitam dan mata bengkak

Kita sering mengalami lingkaran hitam di bawah mata dan mata bengkak saat kurang tidur, stres, hingga terlalu lama menggunakan gawai. Kantong teh bekas bisa menjadi solusi alami untuk atasi masalah di area mata tersebut.

Simpan kantong teh di dalam freezer selama 30 hingga 40 menit, lalu taruh di mata Anda selama 15 menit untuk mengurangi bengkak dan lingkaran hitam.

2. Pengelupasan kulit wajah

Anda dapat merobek kantong teh bekas dan menggunakan daun teh bekas untuk membuat pengelupasan kulit wajah. Selain pengelupasan kulit, juga membantu membersihkan pori-pori, mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati. Ini memungkinkan kulit Anda bercahaya dan menyerap nutrisi apa pun yang terkandung di dalam produk perawatan kulit atau skincare.

3. Menenangkan kulit

Jika kulit Anda rentan terhadap ruam dan terbakar sinar matahari, Anda dapat membekukan atau mendinginkan kantong teh bekas hingga 30 menit. Kemudian menempelkannya di area yang bermasalah selama 15 hingga 20 menit atau selama dibutuhkan untuk menjadi normal. Ini membantu menenangkan kulit Anda yang meradang, mengurangi ruam atau luka bakar.