7 Inspirasi Desain Pojok Baca yang Nyaman dan Keren

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita sedang membaca buku. Unsplash/Streetwindy

Ilustrasi wanita sedang membaca buku. Unsplash/Streetwindy

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi Anda yang hobi baca tentu menginginkan tempat khusus yang nyaman saat membaca di rumah. Kebiasaan betah membaca dapat didukung melalui desain pojok baca yang nyaman untuk membaca.

Desain pojok baca tak harus berukuran besar. Ruang yang sempit pun bisa saja disulap menjadi pojok baca yang menawarkan ketenangan dan rasa nyaman maksimal. Dengan cara ini, kegiatan membaca jadi lebih menarik dan menyenangkan.

Yuk, simak referensi desain sudut baca yang bikin betah baca buku di rumah.

1. Desain pojok baca dengan kursi gantung

Desain pojok baca satu ini tampak sangat nyaman dan mengundang berkat adanya kursi gantung. Sambil berayun pelan, kursi gantung memberikan kenyamanan ekstra saat membaca. Lemari berlaci vintage warna hijau dan karpet lebar warna pastel, menambah percikan warna-warni di sudut ini.

Asyiknya lagi, jendela-jendela kaca berukuran besar membuat pojok baca dilimpahi cahaya alami dan menyuguhkan pemandangan suasana luar.

2. Pojok baca di sudut sempit

Referensi berikutnya merupakan desain pojok baca yang mudah dan simpel diwujudkan dalan hunian yang sempit. Di apartemen studio ini, sebuah sudut ruang kerja ditambahkan dengan rak penyimpanan bawah terbuka.

Lantas, diberi bantal dudukan bagian atasnya sehingga disulap menjadi tempat duduk yang nyaman. Menghasilkan tempat baca yang nyaman sembari menemani pasangan Anda bekerja.

3. Desain pojok baca dengan window seat

Pojok baca yang dilengkapi kursi panjang tak hanya dipakai untuk duduk membaca, tetapi dapat digunakan untuk berbaring. Bahkan, dapat digunakan membaca bersama-sama.

Selain itu, tempat duduk atau window seat putih dengan pelapis warna biru ini mendapat penerangan alami dari dua buah jendela. Suasana menjadi lebih hidup berkat bantal-bantal bermotif dan lukisan abstrak. Siapa saja pasti betah berlama-lama membaca di sini!

4. Sensasi membaca di jaring-jaring gantung

Ingin pojok baca yang tak biasa? Membaca di ketinggian bisa jadi pilihan! Pada inspirasi ini, jaring-jaring untuk berbaring digantung pada ketinggian tepat di sebelah lemari buku. Jaring-jaring gantung menawarkan sensasi membaca yang tak biasa.

Letaknya yang menggantung juga menjadi solusi untuk mengoptimalkan pojok baca di hunian yang sempit, lho. Bagian bawah jaring-jaring gantung kemudian dimanfaatkan untuk menambah lemari buku, ataupun sofa untuk variasi pilihan tempat membaca.

5.  Tempat tidur gantung untuk pojok baca

Pernah terpikir untuk menggunakan tempat tidur gantung? Inilah cara yang jitu untuk menghadirkan pojok baca super nyaman dan mengasyikkan. Tentukan di mana tempat tidur gantung dari bahan kain dengan pelapis yang empuk ini akan digantung.

Apakah di dalam kamar, di sudut ruang keluarga, ataupun di teras. Pada inspirasi ini, beberapa tempat tidur gantung dipasang pada sebuah ruangan dengan bukaan lebar, sehingga berlimpah cahaya matahari. Tambahan dekorasi berupa lukisan-lukisan pada dinding latar membuat penampilan ruangan semakin kece.

6. Pojok baca dari kubah portabel

Jika punya halaman yang luas, maka kubah seperti ini tak sekadar menjadi pojok baca, namun juga mempercantik tampilan halaman rumah. Kubah terdiri atas rangka-rangka dari besi yang mudah dipindah-pindah atau model bongkar pasang. Tambahkan kursi-kursi empuk dan meja di dalam kubah yang cukup luas.

Nuansa outdoor semakin kuat dengan bukaan lebar pada kubah yang menyajikan pemandangan di luar. Semakin lengkap dengan pot-pot tanaman hias yang diletakkan di dalam kubah. Tertarik untuk mencoba?

7.  Balkon sebagai pojok baca super nyaman

Balkon outdoor tidak pernah mengecewakan sebagai pojok baca yang super nyaman. Pada inspirasi ini, desain pojok baca di balkon terbilang simpel, namun tampak hangat dan nyaman. Kursi-kursi yang digunakan memiliki pelapis yang tebal dan empuk.

Dilengkapi beberapa bantal dengan aneka motif, semakin terasa kesan hangat dan nyaman. Tak lupa, tersedia sebuah meja kayu lipat di bagian tengah dan kursi rotan sebagai kursi tambahan. Di malam hari, penggunaan lentera dari lilin membuat suasana jadi romantis.

ARSITAG

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."