Liburan Tahun Baru, Karyawan Hotel dan 4 Profesi Ini Tetap Masuk

Ilustrasi Hotel (pixabay.com)

karir

Liburan Tahun Baru, Karyawan Hotel dan 4 Profesi Ini Tetap Masuk

Senin, 30 Desember 2019 20:30 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JakartaLiburan Tahun Baru salah satu momen yang dinanti banyak orang sepanjang tahun. Bagaikan sebuah tradisi, para pekerja di ibukota berbondong-bondong kembali ke kampung halaman, liburan keluar kota hingga luar negeri ataupun menghabiskan waktu dengan orang-orang tercinta. Namun, tidak semua pekerja mendapatkan kesempatan emas itu.

Melansir dari The Balance Career dan Top Resume, berikut adalah lima pekerjaan yang tetap aktif saat hari libur.

1. Petugas kesehatan

Tugas mulia membantu dalam hal medis untuk orang-orang yang membutuhkan diemban petugas kesehatan. Karena tugas itulah, dokter, perawat, bidan, dan sebagainya harus siap sedia selama 24 jam setiap hari, bahkan di waktu libur seperti Lebaran. Keahlian mereka sangat diperlukan jika terjadi sesuatu yang tidak bisa diprediksi waktunya.

2. Karyawan transportasi

Libur panjang menyebabkan moda transportasi seperti kereta api, pesawat, dan bus meningkat pesat. Demi memberikan pelayanan terbaik bagi para pengguna moda transportasi, pekerja di sektor ini bekerja keras di liburan tahun baru dan mengganti libur di hari biasa.

3. Karyawan perhotelan

Sama seperti transportasi, permintaan tempat penginapan pasti meningkat oleh para pelancong di musim liburan sehingga pekerja di bidang ini harus siap siaga karena hari libur justru waktu tersibuk. Mereka tetap harus melayani para tamu dengan ramah dan penuh senyuman.

4. Karyawan pusat perbelanjaan

Selain berlibur ke tempat wisata, pusat perbelanjaan menjadi tempat favorit di musim liburan berkat banyaknya promo cuci gudang. Alih-alih mendapat libur, para pekerja di pusat perbelanjaan justru menunaikan tugas yang lebih berat ketika liburan akhir tahun tiba. Mereka diharuskan untuk tetap melayani dengan ramah.

5. Awak media

Tidak ada tanggal merah bagi pekerja media. Mereka setiap waktu harus selalu siap menyajikan informasi terkini dan teraktual bagi masyarakat, tidak peduli pagi, siang, atau malam. Apalagi peristiwa di sekitar dan dunia bisa terjadi kapan saja tanpa mengenal waktu. Karena itu, libur menjadi sesuatu yang mahal bagi awak media.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA