Makna Warna Merah, Putih dan Hijau di Hari Natal, Ada Arti Kasih

Ilustrasi kado natal. Shutterstock

ragam

Makna Warna Merah, Putih dan Hijau di Hari Natal, Ada Arti Kasih

Rabu, 25 Desember 2019 16:17 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Perayaan Natal 2019 dipenuhi kesyahduan dengan rintik hujan di sejumlah wilayah Indonesia. Bukan berarti itu menyurutkan semangat dan keriaan Natal bagi yang merayakannya. Di antara keriaan Natal yang pernuh berkah, dekorasi warna utama merah, hijau dan putih menjadi bagian tak terlupakan.

Selain dekorasi, berbagai hadiah di bawah pohon Natal dan pakaian yang dikenan saat perayaan Natal juga dominan dihiasi dengan ketiga warna tersebut. Tahukah kamu ada makna di balik warna merah, hijau dan putih itu? Simak penjelasan yang termuat di situs Why Christmas dan Reader’s Digest.

1. Warna merah

Warna merah yang khas di perayaan Natal memiliki arti sebagai rasa cinta dan penderitaan. Warna ini diartikan sebagai simbol kekuatan dan kesetiaan Yesus.

Tidak hanya itu saja, penulis buku Secret Language of Color, Arielle Eckstut mengatakan bahwa warna merah juga memiliki arti sebagai kehangatan cinta, luapan rasa semangat, kebebasan, dan keberanian. Hal ini juga menggambarkan makna suasana hari Natal, di mana kita berkumpul dengan keluarga dan orang-orang yang kita kasihi.

Dalam tata warna liturgi, warna merah merupakan lambang dari Roh Kudus yang penuh kekuatan dan kesetiaan. Warna merah ini biasanya ditemui sebagai ornamen pohon Natal, hadiah Natal, dan kostum Santa Claus.

2. Warna hijau

Warna kedua yang paling sering kita temui saat menjelang hari Natal adalah warna hijau. Warna ini merupakan simbol kehidupan abadi Yesus dan harapan atas sesuatu yang baru.

Tidak hanya itu, seorang ilmuwan penelitian di University of Cambridge Spike Bucklow menjelaskan jika warna hijau menjadi simbol penyembuhan, pengharapan, dan pertumbuhan iman.

Dalam tata warna liturgi, warna hijau ini adalah warna yang melambangkan hidup baru, masa depan, harapan, dan keremajaan. Biasanya, warna hijau paling mudah kita temui dalam bentuk pohon Natal.

3. Warna putih

Selain dua warna yang mencolok yaitu merah dan hijau, ada satu warna lagi yang dapat dengan mudah Anda temui saat menjelang hari Natal, yaitu warna putih. Menurut Eckstut, warna putih selalu diidentikkan dengan kesucian, ketenangan, harapan, spiritual, serta pengampunan.

Warna putih juga seringkali dianggap sebagai simbol cahaya Ilahi. Hal ini dipresentasikan dalam bentuk cahaya lilin dan juga sebagai kekudusan serta kemurnian. Warna putih pun melambangkan peran para malaikat dan orang-orang suci Kristiani.

Warna putih ini juga merupakan lambang kebangkitan. Anda biasanya menemukan warna putih di berbagai ornamen pohon Natal.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA | WHYCHRISTMAS | RD