Berat Badan Stabil saat Nikmati Hidangan Natal, Ini 4 Kiatnya

Ilustrasi hidangan Natal. businessinsider.sg

kesehatan

Berat Badan Stabil saat Nikmati Hidangan Natal, Ini 4 Kiatnya

Rabu, 25 Desember 2019 08:30 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Apa yang Anda lakukan saat perayaan Natal? Selain ibadah dan tukar kado, apakah Anda akan makan-makan bersama keluarga juga? Bila iya, pasti ada banyak sekali makanan lezat yang disajikan untuk seluruh keluarga.

Walau mungkin Anda tergiur menyantap semua hidangan Natal, ada baiknya Anda tetap menjaga pola makan agar berat badan tetap stabil. Situs Healthy You dan Safe Food membagikan beberapa tips agar Anda tetap bisa makan enak saat Natal tanpa menambah berat badan.

1. Memastikan porsi makanan yang tidak berlebihan

Dengan banyaknya pilihan makanan, tentu Anda ingin mencicipi semuanya. Namun, Anda wajib memperhatikan porsi makanan yang diambil. Sebaiknya jangan ambil terlalu banyak hingga menggunung, misalnya. Tapi cukup ambil sedikit dari masing-masing hidangan Natal saja agar berat badan tetap terjaga.

2. Menghindari minuman bersoda

Selain makanan yang harus diperhatikan, memilih minuman juga harus dilakukan. Disarankan untuk menghindari minuman bersoda karena tinggi gula. Selain menambah kalori pada tubuh, tentu ini bisa meningkatkan risiko Anda pada penyakit diabetes. Jika soda tidak diperbolehkan, maka minuman yang lebih disarankan itu adalah air putih karena sehat untuk tubuh Anda.

3. Jangan lupakan buah

Satu hal yang sering dilupakan saat makan besar adalah buah-buahan. Padahal, buah memiliki kandungan vitamin, mineral dan serat yang baik untuk tubuh Anda. Jadi, jangan lupakan buah di dalam makanan Anda.

4. Aktiflah bergerak

Makan sambil bercengkerama dengan keluarga memang sangat mengasyikan. Namun sebaiknya, ini tidak dilakukan dengan cara duduk saja. Sebaliknya, cobalah aktif bergerak. Misalnya, sambil berjalan atau main game yang membutuhkan aktivitas fisik seperti menari. Ini dipercaya bisa membantu membuang lemak di tubuh.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA