Miss World 2019 Toni-Ann Singh: Mahkota Ini Bukan Milikku, tapi...

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Toni Ann Singh dari Jamaikan berpose setelah penobatan dirinya sebagai Miss World 2019 di London, 14 Desember 2019. Tak hanya menyandang gelar Miss World 2019, Toni juga memenangkan Talent Competition dalam ajang ini. REUTERS/Henry Nicholls

Toni Ann Singh dari Jamaikan berpose setelah penobatan dirinya sebagai Miss World 2019 di London, 14 Desember 2019. Tak hanya menyandang gelar Miss World 2019, Toni juga memenangkan Talent Competition dalam ajang ini. REUTERS/Henry Nicholls

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kontes kecantikan Miss World berlangsung pada Sabtu, 14 Desember 2019, di London, Inggris. Perwakilan Jamaika, Toni-Ann Singh  terpilih menjadi Miss Wolrd 2019, dilanjutkan dengan Miss France Ophely Mezino dan Miss India Suman Rao sebagai runner-up.

Toni-Ann Singh meluapkan kebahagiaannya terpilih menjadi Miss World melalui Twitter. Ia menguntai pesan untuk dirinya sendiri. "Kepada gadis kecil di St. Thomas, Jamaika dan semua gadis di seluruh dunia - tolong percaya pada dirimu sendiri," tulis wanita berusia 23 tahun itu di Twitter. "Ketahuilah bahwa kamu layak dan mampu mencapai impianmu. Mahkota ini bukan milikku, tetapi milikmu. Kamu memiliki TUJUAN,".

Saat ditanya tentang nilai kontes kecantikan di dunia dan gerakan #MeToo saat ini dan dorongan untuk kesetaraan dan rasa hormat terhadap wanita, lulusan Universitas Negeri Florida yang berusia 23 tahun itu mengatakan kecantikan baginya adalah aspek yang paling tidak penting dari prestasinya.

“Saya ingin membuat perubahan yang berkelanjutan. Jadi jika kita berbicara wanita ... itu harus menjadi sesuatu yang akan memastikan bahwa anak-anak mereka dan anak-anak mereka memiliki nilai hidup yang berbeda," kata Singh seperti dilansir dari laman The Star

Namun, Singh tidak merinci perubahan apa yang ada dalam pikirannya. "Tidak apa-apa untuk merayakan hal-hal seperti kecantikan dan atribut seperti kekuatan dan hal-hal itu. Tapi ini jauh lebih banyak,” kata ia sambil memeluk kedua orang tuanya yang pendukung setia, Jahrine dan Bradshaw.

Ia pun menggambarkan dirinya sebagai "wanita yang berubah" setelah mendapat pengalaman dan ambil bagian dalam kompetisi Miss World. "Tidak mungkin saya bisa menjadikannya hanya tentang kecantikan, karena itu yang terakhir dalam daftar, jujur saja," ujar Singh.

Toni-Ann Singh, yang menyanyikan lagu I Have Nothing milik mendiang Whitney Houston dalam kompetisi itu, menerima mahkotanya dari pemenang Miss World tahun lalu, Vanessa Ponce dari Meksiko.

Warga Jamaika yang menghadiri acara tersebut memuji kemenangan Singh sebagai kemenangan juga bagi negara pulau Karibia mereka. Singh adalah orang Jamaika keempat yang memenangkan gelar.

YUNIA PRATIWI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."