3 Gaya Istimewa Siti Nurbaya Bakar Berkebaya, Bordir dan Sanggul

Siti Nurbaya (Instagram @siti.nurbayabakar)

kecantikan

3 Gaya Istimewa Siti Nurbaya Bakar Berkebaya, Bordir dan Sanggul

Minggu, 15 Desember 2019 11:50 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Siti Nurbaya Bakar salah satu menteri yang dua kali menjabat dalam pemerintahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi. Selain berjibaku mengatasi masalah lingkungan hidup dan kehutanan yang luas di Republik Indonesia atau RI, sosok Siti Nurbaya punya ciri khas di antara delapan srikandi yang membantu Jokowi di periode pertama maupun empat srikandi lainnya di periode kedua Jokowi.

Ia terlihat sering mengenakan hem batik, kemeja putih hingga kemeja bermotif lainnya yang dipadu dengan celana panjang hitam dan alas kaki sepatu kasual atau pantofel.

Sementara di beberapa kesempatan lain, saat menjadi wakil Indonesia saat mengunjungi sejumlah negara sahabat hingga forum internasional seperti G-20, ia memilih gaya setelan jas lengkap dengan dasi dan vest.

Namun, ada saatnya ia pula memakai outfit yang kental nuansa feminin seperti kebaya. Saat perayaan 17 Agustus 2019 dan Hari Kartini, ibu dua anak ini bersolek dengan kebaya, kain, dan sanggul besar.

Perempuan 63 tahun ini juga mengenakan kebaya di momen Hari Kartini dan acara spesial lainnya.

Berikut beberapa unggahan Siti Nurbaya Bakar berkebaya di Instagram ia

1. Hari Ulang Tahun (HUT) RI 

Siti Nurbaya (Instagram @siti.nurbayabakar)

Tepat di HUT ke-74 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2019, Siti Nurbaya mengunggah fotonya bersama dengan perempuan menteri di era pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kalla, di antaranya Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudhjiastuti, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Kelimanya kompak mengenakan kebaya dengan ciri khas masing-masing.

Siti mengenakan kebaya biru muda dengan bordir di sepanjang pinggirnya, dilengkapi dengan bros di dada. Ia memadukannya dengan kain batik coklat truntum garuda dan selendang senada. Rambutnya ditata dengan sanggul klasik dan besar. Riasannya pun terlihat bold dengan pulasan lipstik warna merah.

2. Hari Kartini

Siti Nurbaya (Instagram @siti.nurbayabakar)

Salah satu momen Siti Nurbaya mengenakan kebaya adalah Hari Kartini. Pada peringatan momen itu di 2018, Siti terlihat mengenakan kebaya hijau toska berbahan brokat dengan motif putih perak. Kebaya potongan V neck ini juga dilengkapi dengan bros emas di bagian dada. Ia memadukannya dengan kain batik krem bermotif cokelat dan selendang.

Gaya rambut dan makeup ia sama seperti pada HUT ke-74 Kemerdekaan RI, disanggul klasik dan besar dan penekanan pada lipstik warna merah.

3. Acara spesial

Siti Nurbaya (Instagram @siti.nurbayabakar)

Selain di HUT Kemerdekaan RI dan Hari Kartini, Siti Nurbaya juga sesekali menggunakan kebaya di acara spesial. Salah satunya seperti foto yang ia unggah pada 24 Januari 2019. Ia tampak mengenakan kebaya kutu baru abu-abu bermotif bunga-bunga, dengan aksesori kalung emas dengan liontin.

Di unggahan ini, ia terlihat hanya menata rapi rambut bob pendeknya dengan pulasan lipstik warna merah matte.

 “Beberapa orang sering tidak mengenal saat melihat saya memakai setelan pakaian seperti ini. Maklum, karena biasanya orang-orang melihat dalam keseharian saya nyaman bekerja dengan memakai kemeja putih dan celana panjang, agar lebih leluasa bergerak di lapangan. Tapi sesekali boleh kan memakai kebaya seperti ini untuk acara khusus:) Selamat beraktivitas ananda, adik dan rekan semua,” tulis Siti Nurbaya Bakar di keterangan foto.

MILA NOVITA | SILVY RIANA PUTRI